Jum'at, 22 Januari 2021 Portal Berita Entrepreneur

Pengusaha, Pastikan Kondisi Keuangan Anda Sehat

Foto Berita Pengusaha, Pastikan Kondisi Keuangan Anda Sehat
WE Entrepreneur, Jakarta -

Bukan hanya menjaga keuangan perusahaan saja, namun wirausaha juga harus pandai menjaga dan mengembangkan uang pribadi.

Sebagai pengusaha harus memiliki taktik dalam mengolah keuangan, mengatur pengeluaran sebaik mungkin. Sebisa mungkin pengusaha harus mampu memiliki penghasilan yang lebih besar dibandingkan pengeluaran. Merujuk keterangan dari Entrepreneur.com (23/1/2019), berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kondisi keuangan:

Memastikan penghasilan

Sekarang, ingatlah bahwa kewirausahaan tidak selalu mengharuskan Anda untuk jauh dari tabungan seumur hidup. Maksudnya, Anda dapat mempertahankan tabungan ini secara utuh dan mendapatkan uang melalui sumber yang dipercaya untuk usaha Anda.

Mengambil crowdfunded

Crowdfunded umumnya disukai oleh pengusaha untuk memulai bagian awal dari perjalanan kewirausahaan mereka karena investasi ini dapat ditingkatkan untuk memenuhi setidaknya kebutuhan dasar meluncurkan produk. Di sini, Anda bisa masuk untuk kampanye crowdfunded, mengumpulkan uang, dan menggunakan ini untuk benar-benar menyentuh pasar. Selain itu, tabungan pribadi Anda dapat digunakan juga untuk diinvestasikan di sini; untuk memenuhi biaya tambahan; dengan demikian memastikan bahwa pengeluaran yang tidak perlu dihilangkan.

Menghidupkan wirausaha mikro, sebelum wirausaha besar

Sebelum memulai usaha yang besar, tidak ada salahnya Anda mencoba dulu wirausaha pertama dengan yang kecil-kecilan. Anda bisa mencoba-coba banyak peluang bisnis freelance, bahkan menghasilkan uang dari ini. Uang yang terkumpul dari bisnis kecil itu bisa Anda gunakan untuk memperbesar usaha tersebut.

Baca dan Penelitian

Jika Anda wirauasahawan pemula, maka sebaiknya Anda membaca banyak buku tentang konsep "mengelola dan menyimpan uang saat berbisnis". Juga, dengan teknologi saat ini telah memperkenalkan jejaring sosial, Anda selalu dapat terhubung dengan penulis yang menulis buku-buku seperti itu untuk memahami strategi keuangan yang tepat.

Tag: Tips Bisnis, Keuangan

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Thought Catalog