Selasa, 21 Maret 2023 Portal Berita Entrepreneur

Simak Tips Jitu Sukses Jadi Pengusaha Perempuan Ala Mitra Penjual Tokopedia

Foto Berita Simak Tips Jitu Sukses Jadi Pengusaha Perempuan Ala Mitra Penjual Tokopedia
WE Entrepreneur, Jakarta -

Dalam rangka menyambut Hari Perempuan Internasional (International Women's Day) yang jatuh pada 8 Maret mendatang, Tokopedia mendorong perempuan untuk makin yakin untuk memulai dan mengembangkan usaha.

Hingga sejauh ini, Tokopedia mencatat hampir 100% UMKM mitra penjual di Tokopedia dijalankan oleh perempuan. Di sisi lain, riset LPEM FEB UI 2020 menunjukkan jumlah perempuan pegiat UMKM yang memulai bisnis dari nol di Tokopedia selama pandemi hampir 1,5 kali lipat lebih tinggi dibandingkan laki-laki.

Semangat mendorong pemberdayaan perempuan juga dilakukan oleh mitra usaha Tokopedia, di antaranya pemilik usaha Morningsol Stephanie Nursalim serta pemilik usaha Kemayu and Co Vica Mardika Wong yang memberdayakan perempuan dalam operasional bisnis mereka.

Baca Juga: NIB Penting Bagi UMKM, Apakah Untung dan Ruginya?

Baik Stephanie maupun Vica sama-sama yakin perempuan bisa mengembangkan diri untuk menjadi pelaku usaha yang sukses. Untuk mendorong perempuan agar yakin menjadi pengusaha, Stephanie dan Vica membagikan tips untuk perempuan pelaku UMKM ala Morningsol dan Kemayu and Co.

1. #MulaiAjaDulu

Sama dengan spirit Tokopedia, Stephanie mendorong para perempuan untuk yakin memulai usaha. Sebab, bila terlalu banyak ragu, maka peluang berusaha akan makin tak terlaksana.

2. Antisipasi Segala Kemungkinan

Meski begitu, Stephanie mengingatkan agar perempuan yang ingin memulai usaha untuk bersiap mengantisipasi segala kemungkinan, sehingga bisnisnya akan lebih bertahan.

3. Lakukan Perencanaan yang Matang

Perencanaan yang matang juga menjadi aspek penting ketika ingin memulai usaha. Dengan perencanaan yang baik diharapkan dapat membuat bisnis lebih berkelanjutan.

4. Miliki Nomor Induk Berusaha (NIB)

Baik Stephanie maupun Vica sama-sama mengingatkan para pelaku usaha untuk memiliki NIB. Pasalnya, NIB berperan untuk memudahkan kinerja usaha.

Stephanie dan Vica menjalankan bisnis mereka di platform lokapasar di Tokopedia. Sementara Tokopedia mewajibkan mitra usahanya untuk memiliki NIB bila ingin menjadi Official Store. Label Official Store sendiri disebut mampu mendongkrak penjualan, lantaran konsumen meyakini toko ofisial lebih kredibel dan dapat dipercaya.

Artinya, NIB juga dapat membantu untuk meningkatkan penjualan dan kredibilitas toko di mata konsumen.

5. Jangan Mudah Putus Asa

Vica mengingatkan para pengusaha perempuan untuk jangan mudah putus asa. Selain itu, ia juga memberi semangat kepada para pengusaha perempuan untuk fokus berjuang mengembangkan usaha. Salah satu yang bisa dilakukan untuk mengembangkan usaha adalah dengan menciptakan inovasi produk.

6. Manfaatkan Fitur Platform Tempat Jualan

Bila para pengusaha perempuan berjualan di platform lokapasar seperti Tokopedia, mereka bisa mengoptimalkan fitur-fitur yang disediakan oleh Tokopedia. Misalnya, fitur TopAds, flash sale, Bebas Ongkir, Voucher Toko, dan sebagainya.

Menurut Stephanie dan Vica, fitur-fitur tersebut juga mampu menarik perhatian konsumen untuk melakukan transaksi di toko mereka.

Tag: Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Tips Bisnis, Tokopedia

Penulis: Imamatul Silfia

Editor: Rosmayanti

Foto: Imamatul Silfia