Selasa, 05 Maret 2024 Portal Berita Entrepreneur

Dari Musisi hingga CIO Sinarmas, Genta Wira Anjalu: Perjalanan Karier Saya Cukup Gado-Gado

Foto Berita Dari Musisi hingga CIO Sinarmas, Genta Wira Anjalu: Perjalanan Karier Saya Cukup Gado-Gado
WE Entrepreneur, Jakarta -

Genta Wira Anjalu, Chief Investment Officer (CIO) PT Sinarmas Asset Management, memiliki perjalanan karier yang menarik dan unik sebelum menemukan jalannya di dunia pasar modal. Sebelum memasuki dunia pasar modal, Genta adalah seorang musisi yang aktif di sebuah band bernama Jitu.

Genta memulai awal perjalanan karier musiknya itu setelah menyelesaikan gelar S1 di jurusan Akuntansi di Universitas Indonesia. Setelah menyelesaikan kuliah, Genta kemudian dikontrak selama 2 tahun oleh PT Universal Musik Indonesia dan bergabung dengan band musik bernama Jitu. 

Bersama band tersebut, Genta berhasil merilis beberapa album musik dan single, bahkan pada 2009, band musiknya pernah merilis lagu dengan campuran bahasa Indonesia dan Korea.

Baca Juga: Sinarmas MSIG Life Public Expose 2023: Mempercepat Transformasi untuk Pertumbuhan Berkelanjutan

Namun, setelah kontraknya berakhir, Genta memutuskan untuk beralih karier ke dunia pasar modal. Genta mengatakan bahwa meskipun latar belakang pendidikannya adalah di bidang akuntansi, ia menemukan daya tarik di dunia investasi karena menggabungkan antara seni dengan angka atau ilmu pasti.

“Ketika saya masuk dunia investasi, saya menemukan kesenangan dan saya merasa ada passion saya yang cukup tinggi di sini,” ujar Genta, dikutip dari kanal Youtube Mirae Asset Sekuritas pada Selasa (26/09/2023).

Menurutnya, dunia pasar modal adalah lingkungan yang dinamis dan tidak ada ilmu yang pasti di investasi. Genta mengakui pentingnya kreativitas dan fleksibilitas saat menghadapi ketidakpastian.

“Jadi, ketika kita bisa menjadi paling benar pada saat ini, mungkin bisa jadi kita paling salah pada hari berikutnya. Di situlah kita belajar sampai menemukan suatu gaya sendiri yang mungkin setiap orang itu walaupun membaca buku yang sama, namun bisa menghasilkan output yang berbeda. Di situlah letak seninya,” jelas Genta.

Perjalanan karier Genta di dunia pasar modal tidak dimulai secara langsung di perusahaan Asset Management. Ia memulai karier sebagai analis dan bond trader, dan secara berangsur-angsur meniti tangga karier hingga mencapai posisi CIO di PT Sinarmas Asset Management pada 2021. 

Genta mengakui bahwa perjalanan kariernya penuh dengan berbagai pengalaman yang berharga, dari menjadi analis hingga fund manager dan head of investment.

“Kalau saya lihat perjalanan karier saya ini bisa dibilang cukup gado-gado. Saya itu pindah-pindah berbagai tempat juga, mulai dari Trimegah Sekuritas, CIMB Principal Asset Management, dan sempat bekerja di perusahaan Malaysia, lalu juga Yuanta Sekuritas perusahaan Taiwan, dan akhirnya saya masuk di Sinarmas Asset Management yang merupakan perusahaan lokal,” tutur Genta.

Baca Juga: Sinarmas MSIG Life Tegaskan Bakal Fokus ke Bisnis Ritel

Tag: PT Sinarmas Asset Management

Penulis: Nevriza Wahyu Utami

Editor: Amry Nur Hidayat

Foto: Youtube/Mirae Asset Sekuritas