Selasa, 05 Maret 2024 Portal Berita Entrepreneur

Alasan Rivan Kurniawan Jadi Kreator Konten: Kurangnya Informasi Pasar Modal di Indonesia

Foto Berita Alasan Rivan Kurniawan Jadi Kreator Konten: Kurangnya Informasi Pasar Modal di Indonesia
WE Entrepreneur, Jakarta -

Pasar modal telah menjadi salah satu bidang yang menarik minat banyak orang. Namun, akses informasi yang terbatas dan kepercayaan diri yang rendah seringkali menjadi hambatan bagi individu untuk ikut serta dalam investasi di pasar modal.

Inilah yang mendorong Rivan Kurniawan, seorang praktisi pasar modal sekaligus seorang value investor, untuk memilih menjadi kreator konten dan menjembatani kesenjangan informasi di dunia pasar modal.

Perjalanan Rivan dalam dunia investasi bermula dari impian untuk menjadi seorang entrepreneur sukses. Pada tahun 2008, dia memulai langkah pertamanya sebagai investor saham. Namun, saat itu, Rivan menyadari kurangnya akses informasi yang mudah dimengerti tentang pasar modal.

Baca Juga: Maudy Ayunda dan Jesse Choi Ungkap Pentingnya Kecocokan Finansial dalam Hubungan

“Jadi salah satu yang saya hadapi ketika awal-awal di market itu adalah kekurangan informasi (pasar modal) di Indonesia. Mungkin kalau teman-teman di sini ada yang sudah masuk ke market di tahun 2008 juga merasakan hal yang sama bahwa ketika kita pengen dapat informasi itu susah sekali,” jelas Rivan, dikutip dari kanal Youtube Syailendra Capital pada Selasa (29/8/2023).

Tahun 2016 hingga 2017, Rivan mulai mengekspresikan pengetahuannya melalui tulisan di blog pribadinya. Dia menyadari bahwa dengan membagikan informasi dan pengalamannya, dia bisa membantu banyak orang yang ingin mengerti lebih dalam tentang pasar modal.

Dia kemudian pindah ke platform Instagram, di mana dia dapat berbagi dengan cara yang lebih visual dan lebih mudah diakses.

“Kebetulan waktu tahun 2016-2017 itu saya mulai dari menulis blog sebenarnya. Kemudian waktu itu masuk ke Instagram, jadi ada sarana untuk bisa sharing informasi dan menuangkan apa yang ada di otak karena sudah ada platformnya dan juga wadahnya, ya sudah dituangkan aja,” tambah Rivan.

Tidak puas dengan itu, Rivan akhirnya memutuskan untuk menjajal channel YouTube. Ini memberinya kesempatan untuk mengulas berbagai topik tentang pasar modal secara lebih rinci dan interaktif.

Dari pemahaman dasar hingga analisis mendalam, Rivan berusaha memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi pemula maupun investor berpengalaman.

Salah satu pesan kuat yang Rivan sampaikan adalah investor individu memiliki peluang yang sama dengan institusi besar untuk meraih kesuksesan di pasar modal.

Individual investor punya kesempatan yang sama dengan institutional investor dalam meraih kesuksesan di capital market. Menurut saya karena ada paradigma yang mengatakan bahwa hanya mereka yang memiliki banyak informasi yang bisa sukses di pasar modal adalah pandangan yang harus diubah,” tegasnya.

Baca Juga: Kiat-Kiat Lo Kheng Hong Sebelum Berinvestasi di Pasar Saham: Jangan Beli Kucing dalam Karung!

Sebagai informasi, Rivan Kurniawan terkenal sebagai seorang investor yang cerdas dalam membaca peluang. Bahkan pada tahun 2016, dia membuat keputusan untuk beralih menjadi seorang full time investor dan mengandalkan pendapatan dari dividen yang diperolehnya.

Tag: Rivan Kurniawan, Saham, Investasi

Penulis: Nevriza Wahyu Utami

Editor: Rosmayanti

Foto: Wafiyyah Amalyris K