Minggu, 21 Juli 2024 Portal Berita Entrepreneur

UMKM Wajib Catat! Tips Binis Online & Ide Jualan Ramadan ala Tokopedia

Foto Berita UMKM Wajib Catat! Tips Binis Online & Ide Jualan Ramadan ala Tokopedia
WE Entrepreneur, Jakarta -

Sebagai momen yang dinantikan oleh banyak masyarakat Indonesia, bulan Ramadan kini semakin dekat.

Selain dikenal sebagai bulan penuh berkah, Ramadan juga menjadi momen dengan perputaran ekonomi cukup signifikan, sehingga tidak mengherankan jika bulan ini juga sangat dinantikan oleh para pelaku usaha atau penjual.

"Berdasarkan data internal Tokopedia selama ramadan 2022, terdapat peningkatan jumlah product page view sebesar 50% dan peningkatan jumlah pesanan lebih dari 77% dibandingkan ramadan 2021. Animo tinggi masyarakat untuk belanja saat bulan puasa bisa menjadi momen yang tepat bagi para pelaku usaha, khususnya UMKM untuk memaksimalkan strategi jualan online di Tokopedia agar penjualan meningkat pesat," tutur Direktur Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak seperti dikutip dari media alert pada Kamis (9/3/2023).

Adapun Lima Tips Jualan pada Bulan Ramadan agar Untung Maksimal antara lain:

1. Cari tahu produk yang sedang laris untuk ide jualan online pada bulan puasa

Sangat penting bagi pelaku usaha untuk melakukan riset guna melihat produk yang paling diminati masyarakat, khususnya selama bulan puasa. Pelaku usaha atau penjual dapat memanfaatkan fitur Wawasan Pasar di Tokopedia yang memungkinkan penjual melihat kata kunci yang paling sering dicari atau digunakan pembeli hingga produk yang terpopuler berdasarkan daerah dan kategori.

Baca Juga: Peluang Usaha Jelang Ramadan Makin Cerah, Ini Tips UMKM Perkuat Modal Lewat Kredit

Data internal Tokopedia mencatat beberapa produk yang paling banyak diburu masyarakat selama bulan puasa atau ramadan 2022 antara lain seperti kartu ucapan, hampers atau parsel kue kering, dan perlengkapan rumah tangga seperti bantal atau guling.

2. Percantik halaman toko dan produk untuk memikat lebih banyak pembeli

Halaman toko dan produk yang menarik berpotensi untuk membuat pembeli semakin tertarik mengeklik. Penjual bisa menggunakan fitur Dekorasi Toko di Tokopedia untuk mempercantik tampilan tokonya agar lebih banyak menarik pembeli. Fitur Dekorasi Toko ini menyediakan template khusus yang telah didesain sesuai dengan fungsi dan kebutuhan setiap kategori penjual.

Selain halaman toko, halaman produk juga perlu diperhatikan. Foto produk harus jelas dan menampilkan kelebihannya. Judul dan deskripsi produk juga harus lengkap supaya semakin informatif dan mengakomodasi pertanyaan dari para calon pembeli.

3. Aktifkan promo bebas ongkir favorit pembeli

Berdasarkan data internal Tokopedia, lebih dari setengah pesanan selama Ramadan 2022 dikirim dengan bebas ongkir. Karenanya penjual dapat mengaktifkan fitur Bebas Ongkir untuk meningkatkan penjualan bahkan menjangkau lebih banyak pembeli di seluruh penjuru Indonesia, khususnya selama bulan puasa.

4. Jual produk parsel Ramadan

Sepanjang Ramadan 2022, penjualan parsel di Tokopedia tercatat melonjak hampir dua kali lipat. Pada ramadan tahun ini, penjual bisa mendongkrak penjualan lewat halaman khusus Parsel Ramadan di Tokopedia. Tidak hanya itu, penjual juga bisa menggunakan fitur Pelengkap Produk untuk menambahkan kartu ucapan dan kemasan khusus untuk mempermudah pembeli.

5. Manfaatkan TopAds Tokopedia Marketing Solutions untuk promosi

TopsAds merupakan fitur beriklan yang ditawarkan oleg Tokopedia Marketing Solutions agar produk penjual bisa tampil teratas di halaman pencarian. Fitur ini dapat memaksimalkan hasil pemasaran dari pelaku usaha di Tokopedia. Dari data Maret 2922, Diet Special Needs sebagai salah satu penjual Tokopedia mengalami peningkatan kunjugan toko hingga 10 kali lipat setelah memakai TopAds Tokopedia.

Untuk membantu pelaku usaha memaksimalkan penjualan selama bulan puasa nanti, Tokopedia juga menyediakan berbagai materi edukasi yang relevan seperti #SIAPRAMADAN2023. Informasi lain terkait dengan pengembangan usaha juga dapat dipelajari secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller Tokopedia.

Tag: Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Tips Bisnis, Tokopedia

Penulis: ***

Editor: Rosmayanti

Foto: Tokopedia