Sabtu, 06 Maret 2021 Portal Berita Entrepreneur

6 Cara Hemat Uang di 2019

Foto Berita 6 Cara Hemat Uang di 2019
WE Entrepreneur, Jakarta -

Siapa yang sudah memiliki rencana untuk berlibur di tahun 2019? Atau ada yang sudah memiliki rencana hajat besar untuk dilakukan di tahun ini? Yaps, jika sudah, ada baiknya Anda mengatur keuangan Anda di tahun ini.

Demi tercapainya tujuan yang sudah Anda susun di tahun ini, menghemat uang bisa menjadi salah satu upaya. Merangkum dari Entrepreneur.com, ada beberapa cara yang tepat untuk Anda lakukan dalam menghemat uang, simak ulasannya:

Luangkan waktu untuk mengevaluasi situasi Anda saat ini

Kedengarannya mendasar, tetapi Anda tidak dapat meningkatkan keuangan Anda jika Anda tidak tahu seperti apa kondisi uang Anda sekarang. Anda harus mengetahui berapa pemasukan yang Anda terima setiap bulannya, dan keperluan apa yang mendesak dan apa yang bisa diabaikan.

Pencatatan juga penting dilakukan, terutama untuk pengeluaran yang besar. Luangkan waktu untuk mengevaluasi kondisi keuangan dan keperluan Anda saat ini.

Bersedia berbicara tentang keuangan dengan pasangan Anda

Hal ini juga penting. Jika Anda sudah memiliki pasangan, bicarakanlah dengannya. Bicarakan besaran pengeluaran yang harus di “rem” dan alasannya kepada pasangan agar mereka bisa membantu Anda dan ikut memahami situasi.

Dalam membicarakan masalah keuangan yang agak sensitif ini, Anda dan pasangan harus dalam kondisi tenang dan tanpa beban. Bicarakan dan temukan solusinya berdua.

Hindari Bitcoin dan opsi berisiko tinggi lainnya

Mitra dan investor Entrepreneur Network Phil Town sering berbicara tentang aturan investasi pertama: Jangan pernah kehilangan uang. Cukup sederhana, bukan? Tapi, itulah aturan Warren Buffett, dan itu membantunya menjadi salah satu investor paling sukses dan berpengaruh di dunia.

Bitcoin dan cryptocurrency lainnya mungkin bisa membuat Anda kaya dalam semalam, tetapi mereka mungkin membuat Anda bangkrut selanjutnya. Jika tujuan Anda adalah untuk secara aman, secara bertahap meningkatkan tabungan Anda, maka Bitcoin mungkin tidak cocok.

Buat dana perjalanan

Brittney Castro menganjurkan bahwa siapa pun yang berencana berlibur harus berpikir ke depan dan menyisihkan uang jauh hari sebelumnya. Jangan hanya anggaran untuk tiket pesawat atau hotel, tetapi juga untuk pengalaman atau biaya yang Anda butuhkan.

Dengan begitu, Anda tidak akan berbelanja secara royal dan menghabiskan lebih dari yang Anda mampu, tetapi Anda juga tidak akan merasa bersalah melakukan pembelian.

Hindari kartu kredit

Iming-iming yang diberikan kartu kredit memang sering sekali menggiurkan. Terlebih lagi ketika Anda adalah orang yang gemar berbelanja. Anda akan dibuat seakan memiliki uang berlimpah untuk berbelanja, padahal itu semua tidak jauh berbeda dengan berutang.

Ketika Anda sedang menghemat uang, ada baiknya menghindari kartu kredit. Jangan sampai Anda terus tergiur berbelanja berlebihan karena merasa tidak mengeluarkan uang.

Buat dana darurat

Tidak ada manusia yang dapat memprediksi segala sesuatu yang akan terjadi di masa depan. Itulah sebabnya dana darurat penting untuk dibuat.

Meskipun Anda sedang menghemat uang, menyisihkan untuk keperluan yang tidak terduga adalah hal yang baik. Hal itu guna menghindari penggunaan tabungan Anda sewaktu-waktu diluar perencanaan.

Tag: Keuangan, Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Sharon Mccutcheo