Selasa, 02 Maret 2021 Portal Berita Entrepreneur

Usaha Mandek? Coba Simak Cara Berwirausaha Orang Jepang dengan Metode Ikigai

Foto Berita Usaha Mandek? Coba Simak Cara Berwirausaha Orang Jepang dengan Metode Ikigai
WE Entrepreneur, Jakarta -

Membangun usaha dan menjadi wirausaha tak semudah yang terlihat. Ada begitu banyak tantangan yang harus kita hadapi. Kita pun harus pandai memilih langkah dan metode berbisnis yang harus kita terapkan. Nah, ada metode bisnis dari Jepang yang patut kita terapkan, namanya Ikigai.

Metode Ikigai dijadikan orang Jepang sebagai suatu gaya hidup dan dipercaya bisa meningkatkan kebahagiaan dalam hidup. 

Kita pun tahu bahwa orang Jepang terkenal ulet, disiplin dan tekun. Jadi, tak ada salahnya kita belajar dari metode bisnis orang Jepang ini.

Baca Juga: Kader Wirausaha Baru Bakal Dapat Edukasi Pemasaran Digital dari Kemenaker dan Shopee

Ikigai sendiri adalah sebuah istilah untuk mewujudkan gagasan kebahagiaan dalam hidup. Singkatnya, Ikigai merupakan sebuah alasan mengapa kalian bangun di pagi hari. 

Ikigai melambangkan keseimbangan dalam empat faktor yang mempengaruhi kepuasan dan motivasi seseorang, yaitu passion, keahlian, permintaan dan nilai. Ikigai adalah keseimbangan antara hal yang menjadi keahlian, hal yang bisa dikerjakan guna mendapatkan uang, apa yang dunia perlukan dan apa yang disukai.

Dilansir dari Inc di Jakarta, Jumat (14/2/2020) berikut cara menerapkan konsep Ikigai dalam bisnis.

1. Apa yang menjadi passionmu?

Pertama kita harus lebih dahulu menemukan dan menentukan apa yang menjadi passion kita. Passion bisa menjadi sebuah aktivitas yang spesifik, dampak yang bisa kalian berikan pada dunia atau mungkin membantu pelanggan. 

Sebagai contoh, Apple memiliki passion untuk menciptakan teknologi, dan Google suka untuk mengumpulkan informasi.

2. Apa yang menjadi keahlianmu?

Tidak semua hal yang kita suka, bisa dilakukan dengan baik. Hanya ada beberapa dari hal yang kita sukai tersebut dapat kita lakukan secara maksimal.

Jika pepatah pada umumnya mengatakan untuk melakukan hal yang kita sukai dan hal-hal lainnya akan mengikuti, hal tersebut tidak berlaku dalam metode Ikigai. Kita harus ahli dalam melakukan hal yang disukai untuk menciptakan hidup yang berarti dan bisnis yang seimbang. 

3. Apa yang dibutuhkan dunia?

Dalam mendirikan suatu bisnis, agar bisnis berjalan dengan baik, kita harus bisa menciptakan produk yang diinginkan dan dibutuhkan oleh orang-orang di dunia. Jika kita hanya fokus untuk membuat sesuatu yang tidak dibutuhkan pasar, maka kita hanya akan menghabiskan banyak waktu untuk membuat sesuatu yang tidak dihargai.

Pastikan bahwa kita memiliki pasar yang cukup besar untuk membangun suatu bisnis. Untungnya berkat kecanggihan teknologi, hal tersebut bukan lagi suatu masalah. Dengan adanya internet, kita bahkan dapat menciptakan suatu pasar yang spesifik dan menjangkau pelanggan secara global.

4. Apa yang membuatmu mendapatkan bayaran?

Kita sudah menemukan hal yang menjadi passion, sesuatu yang dikuasai dan dibutuhkan banyak orang. Namun, jika kita tidak dapat membuat hal tersebut menjadi sesuatu yang dapat dimonetisasi dan menghasilkan keuntungan, maka kita tidak akan menjadi sesukses yang diinginkan. 

Dalam mendirikan sebuah bisnis, kita tentu harus bisa memikirkan bagaimana bisnis yang dibangun bisa balik modal dan membawa keuntungan. Dengan begitu, baru bisnis kita bisa dinyatakan berhasil dan seimbang. 

Tag: Wirausaha, Tips Bisnis

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: JAMES BURKE/GETTY IMAGES