Minggu, 21 Juli 2024 Portal Berita Entrepreneur

Miliarder Ray Dalio Takut Bitcoin Dilarang Pemerintah, Padahal Teknologinya Top!!

Foto Berita Miliarder Ray Dalio Takut Bitcoin Dilarang Pemerintah, Padahal Teknologinya Top!!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Miliarder Ray Dalio mengungkap perasaannya yang terkesan dengan bitcoin dan blockchain-nya. Sebagaimana diketahui, bitcoin adalah cryptocurrency terbesar berdasarkan nilai pasar.

“Ini merupakan pencapaian luar biasa bagi bitcoin untuk mencapai apa yang telah dilakukannya, mulai dari menulis program, tidak diretas, membuatnya bekerja dan mengadopsinya seperti,” ujar Dalio, pendiri hedge fund terbesar di dunia, Bridgewater Associates.

“Saya percaya pada teknologi blockchain. Akan ada revolusi itu, jadi blockchain telah mendapatkan kredibilitas.”

Baca Juga: Miliarder Ray Dalio Dikecam karena 'Tutup Mata' atas Pelanggaran Mengerikan di China

Melansir CNBC Make It di Jakarta, Senin (20/12/21) Dalio menegaskan bahwa ia hanya memiliki "sedikit" bitcoin. Dalio menyebut bitcoin sebagai alternatif generasi muda untuk emas.

“Bitcoin seperti emas, meskipun emas adalah alternatif blue-chip yang mapan untuk uang kertas.” ujarnya lagi.

Demikian pula, pendukung bitcoin melihat aset tersebut sebagai emas digital, penyimpan nilai dan lindung nilai terhadap inflasi.

“Itu tidak memiliki nilai intrinsik, tetapi memiliki nilai yang diperhitungkan, dan karena itu memiliki beberapa kelebihan,” kata Dalio.

Secara desain, pasokan bitcoin terbatas. Kelangkaan ini merupakan alasan utama mengapa bitcoin bulls berdebat untuk menahan cryptocurrency dalam jangka panjang. Hal ini lantaran permintaan meningkat dan pasokan menurun, nilainya secara teoritis dapat dihargai. Namun, Dalio masih khawatir mengenai kemungkinan pemerintah melarangnya.

“Bitcoin memiliki sejumlah masalah lain. Jika itu merupakan ancaman bagi pemerintah, itu mungkin akan dilarang di beberapa tempat ketika bitcoin menjadi relatif menarik,” katanya. “Ini mungkin tidak dilarang di semua tempat. Saya tidak percaya bahwa bank sentral atau institusi besar akan memiliki jumlah yang signifikan di dalamnya.”

Namun, para ahli mengatakan cukup sulit bagi pemerintah untuk secara efektif melarang bitcoin.

Meskipun demikian, Dalio mengatakan ia bukan ahli bitcoin. Tapi menurutnya, bitcoin memiliki beberapa manfaat dalam portofolio.

Tag: Ray Dalio, miliarder, Bitcoin, Blockchain

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: REUTERS/Brian Snyder