Minggu, 21 Juli 2024 Portal Berita Entrepreneur

Pasar AS Sempat Reli, Investor Miliarder Ini Tetap Gak Percaya: Resesi Masih di Depan Mata

Foto Berita Pasar AS Sempat Reli, Investor Miliarder Ini Tetap Gak Percaya: Resesi Masih di Depan Mata
WE Entrepreneur, Jakarta -

Miliarder investor, Carl Icahn mengatakan reli yang sempat terjadi masih belum mengubah pandangan negatifnya di pasar. Icahn meyakini bahwa resesi masih di depan mata.

“Kami menjaga portofolio kami dilindung nilai,” kata Icahn pada 'Closing Bell Overtime' CNBC, yang dikutip di Jakarta, Jumat (11/11/22). “Saya masih sangat, cukup bearish tentang apa yang akan terjadi. Sebuah reli seperti ini tentu saja sangat dramatis untuk sedikitnya ... tapi saya masih berpikir kita berada di pasar bearish.”

Untuk diketahui, saham melakukan comeback besar-besaran setelah pembacaan harga konsumen Oktober memicu spekulasi bahwa inflasi telah mencapai puncaknya. Dow Jones Industrial Average melonjak 1.200 poin untuk kenaikan satu hari terbesar sejak Mei 2020. S&P 500 melonjak 5,5% dalam reli terbesar sejak April 2020.

Baca Juga: Terlihat Sepele, Tapi Kebiasaan Miliarder Ini Sangat Mudah Dicoba! Kalau Tidak Ternyata Bisa Bikin...

Rally pasar bearish yang besar sering terjadi karena minat jangka pendek yang besar yang dibangun pada penurunan, kata Icahn. Sementara itu, laporan inflasi menunjukkan beberapa tanda-tanda mereda. Pendiri dan ketua Icahn Enterprises percaya bahwa tekanan harga lebih melekat daripada yang dipikirkan kebanyakan orang karena kenaikan upah.

"Inflasi tidak akan hilang, tidak dalam waktu dekat," kata Icahn. “Kita akan memiliki lebih banyak inflasi upah. Banyak orang tidak mau bekerja.”

Kombinasi suku bunga yang lebih tinggi dan kurva imbal hasil terbalik membuat Icahn percaya bahwa resesi tidak dapat dihindari.

Indeks harga konsumen meningkat 0,4% untuk bulan ini dan 7,7% dari tahun lalu, dibandingkan dengan perkiraan masing-masing dari Dow Jones untuk kenaikan 0,6% dan 7,9%. Federal Reserve telah mengerahkan serangkaian kenaikan suku bunga yang agresif dalam upaya untuk menurunkan inflasi yang berada di sekitar level tertingginya sejak awal 1980-an.

“Saya pikir The Fed melakukan apa yang harus mereka lakukan,” kata Icahn. “Saya pikir mereka datang terlambat ke permainan untuk menaikkan suku bunga. Tapi saya rasa inflasi belum berakhir.... Saya hidup sampai tahun 70-an. Butuh bertahun-tahun untuk menyelesaikannya. Anda tidak bisa mengayunkan tongkat ajaib untuk mengatasi inflasi.”

Tag: Carl Icahn, miliarder, investor, Resesi

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: REUTERS/Brendan McDermid