Minggu, 21 Juli 2024 Portal Berita Entrepreneur

Mark Cuban: Kalau Anda Memakai Kartu Kredit, Itu Berarti Anda Tidak Ingin Kaya

Foto Berita Mark Cuban: Kalau Anda Memakai Kartu Kredit, Itu Berarti Anda Tidak Ingin Kaya
WE Entrepreneur, Jakarta -

Pengusaha miliarder Mark Cuban menyarankan semua orang agar melunasi semua kartu kredit yang dimiliki dan kemudian membakarnya.

"Jika Anda menggunakan kartu kredit, itu berarti Anda tidak ingin menjadi kaya," kata Cuban selama wawancara dengan Dave Ramsey di "The Ramsey Show."

Melansir CNBC Make It di Jakarta, Jumat (11/11/22) sasalah terbesar Cuban saat bangkrut adalah dengan kartu kredit yaitu suku bunganya yang tinggi.

Baca Juga: Miliarder Mark Cuban Ingin Diingat Sebagai Pencipta Obat Murah di AS

Tingkat bunga rata-rata untuk kartu kredit adalah sekitar 16,65%, menurut data terbaru Federal Reserve, dan beberapa kartu dapat memiliki tingkat bunga setinggi 36%, menurut WalletHub.

“Kartu kredit bukan teman Anda,” kata Cuban kepada CNBC Make It. “Kartu debit boleh saja kalau tidak ada biaya,” tambahnya.

Meskipun Anda dapat menghindari biaya bunga yang tinggi dengan melunasi saldo kartu kredit Anda secara penuh setiap bulan, tetap saja itu bisa sulit bagi banyak orang, kata Cuban.

Kecuali Anda melunasi saldo secara penuh, bunga akan terus bertambah. Terkadang, pembayaran minimum hampir tidak cukup untuk menutupi biaya bunga, jadi jika Anda hanya membayar minimum setiap bulan, Anda mungkin hanya mengurangi bunga daripada utang.

Ketika Anda benar-benar melunasi kartu kredit dengan tingkat bunga 15% atau 20%, Anda telah membebaskan uang yang sebelumnya digunakan untuk bunga untuk dibelanjakan atau diinvestasikan di tempat lain, kata Cuban.

Cuban mengusulkan untuk mengambil pinjaman pribadi sebagai alternatif daripada menggunakan kartu kredit. Pinjaman pribadi adalah bentuk kredit angsuran yang harus dibayar kembali secara bertahap selama jangka waktu tertentu.

Tingkat persentase tahunan rata-rata (APR) pada pinjaman pribadi 24 bulan adalah sekitar 8,73%, menurut data terbaru Federal Reserve, tetapi juga bisa setinggi 36%, menurut laporan LendingTree.

Cuban berpendapat bahwa jika Anda memiliki nilai kredit yang baik, mendapatkan pinjaman pribadi dapat memungkinkan Anda untuk mendapatkan uang yang dibutuhkan dengan tingkat bunga yang lebih rendah dengan tetap membangun kredit Anda.

Meski demikian, bila digunakan secara bertanggungjawab, kartu kredit dapat menjadi alat yang hebat untuk membangun kredit. Itulah kunci untuk memenuhi syarat untuk mendapatkan harga yang baik untuk produk keuangan seperti hipotek atau pinjaman mobil.

Kartu kredit dapat menawarkan fasilitas lain, seperti perlindungan pembelian saat berbelanja online dan poin reward.

Tag: Mark Cuban, miliarder, Kartu Kredit

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Reuters