Sabtu, 06 Maret 2021 Portal Berita Entrepreneur

Kosmetik Korea Dihantam Corona, Harta Miliarder Pemilik Laneige Porak-Poranda!

Foto Berita Kosmetik Korea Dihantam Corona, Harta Miliarder Pemilik Laneige Porak-Poranda!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Tiga tahun lalu, nama Suh Kyung-bae terkenal di berbagai media masa karena menjadi orang terkaya kedua di Korea Selatan. Namun, hari ini ia hampir tidak masuk 10 besar lantaran pandemi Covid-19 menghantam 'ledakan K-beauty' yang menjadi sumber cuan miliarder ini.

Dilansir dari Japan Times di Jakarta, Selasa (29/12/2020) kekayaan Suh hari ini 'hanya' sebesar USD3,6 miliar (Rp50 triliun), turun dari sekitar USD8 miliar (Rp113 triliun) pada tahun 2017. Sebagian besar kekayaannya terdiri dari saham konglomerat kosmetik keluarganya, AmorePacific Group, yang sahamnya telah turun lebih dari 40% dari level tertinggi pertengahan Januari. (kurs Rp14.158/dolar)

Baca Juga: Mengintip Para Dokter dan Ilmuwan yang Jadi Miliarder Berkat Pandemi Corona

AmorePacific merupakan induk dari kosmetik terkenal seperti Innisfree, Laniege, dan Sulwhasoo. Amorepacific telah berjuang bahkan sebelum COVID-19, dan pandemi telah mengantarkan banyak perubahan gaya hidup yang membuat kosmetik kurang penting dalam rutinitas harian wanita.

Jarak sosial dan pekerjaan jarak jauh telah mengurangi permintaan akan produk tata rias dan menyebabkan penutupan toko. Penjualan ritel kecantikan di AS sebagai pasar No. 3 untuk ekspor Korea Selatan turun lebih dari 7% pada tahun 2020, menurut firma riset pasar Mintel.

Bahkan, untuk pertama kalinya dalam sejarah, bulan lalu grup tersebut mengumumkan rencana untuk menawarkan pensiun sukarela bagi karyawan yang telah bekerja selama lebih dari 15 tahun.

Sementara itu, Korea Selatan juga memiliki kelompok miliarder baru yang sedang naik daun. Sebut saja Seo Jung-jin, pendiri perusahaan farmasi Celltrion Inc., yang sedang mengembangkan pengobatan antibodi COVID-19. Kekayaan Seo meningkat hampir tiga kali lipat tahun ini, menjadi USD14,6 miliar (Rp206 triliun), ialah orang terkaya kedua di Korea Selatan hari ini.

Tag: Suh Kyung-bae, miliarder, Virus Corona

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Amorepacific.com