Kamis, 29 Oktober 2020 Portal Berita Entrepreneur

Keren! Jeff Bezos Buka Sekolah TK Gratis untuk Anak dari Keluarga Miskin!

Foto Berita Keren! Jeff Bezos Buka Sekolah TK Gratis untuk Anak dari Keluarga Miskin!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Pendiri dan CEO Amazon, Jeff Bezos mengumumkan Bezos Academy dalam sebuah posting Instagram-nya. Bezos Academy merupakan preschool atau sekolah taman kanak-kanak gratis pertama yang dikhususkan untuk anak-anak yang berasal dari keluarga miskin.

Preschool ini akan diluncurkan pada bulan Oktober di sebuah kota di selatan Seattle.

"Kelas ini baru permulaan. @Bezosacademy dibuka pada 19 Oktober. Kelas ini berada di Des Moines, WA, adalah yang pertama dari banyak prasekolah gratis yang akan kami buka untuk anak-anak yang kurang mampu." tulis Bezos dalam caption Instagram-nya.

Baca Juga: Dibekingi Jeff Bezos, Startup Kanker Ini Dibidik dengan Harga Fantastis!

Preschool ini akan memiliki kurikulum sepanjang tahun, lima hari seminggu untuk anak-anak berusia 3-5 tahun. Menurut situs web Bezos Day One, tim mereka memilih untuk menempatkan prasekolah di Des Moines yang merupakan sebuah kota di selatan Seattle berdasarkan tingkat pendapatan.

Bezos pertama kali mengumumkan niatnya untuk membangun jaringan preschool ini pada November 2018, ketika ia meluncurkan Bezos Day One Fund senilai USD2 miliar (Rp29 triliun). Dana tersebut memiliki dua prioritas: memberikan kepada lembaga nonprofit yang membantu keluarga tunawisma, dan membangun jaringan prasekolah.

Sejak diluncurkan, dana tersebut telah memberikan sekitar USD100 juta (Rp1,4 triliun) setahun untuk berbagai organisasi nirlaba yang berfokus pada tunawisma, pendiri Amazon tetap diam tentang inisiatif sekolah hingga hari ini.

Sekolah ini akan lebih banyak menggunakan metode Montessori, metode pendidikan yang kurikulumnya lebih praktis, kolaboratif, dan berubah berdasarkan minat masing-masing siswa. Hal ini karena Bezos bersekolah di sekolah Montessori ketika dia berusia 2 tahun di Albuquerque, New Mexico.

"Anda tahu, secara intuitif, saya pikir itu mungkin pengalaman yang sangat formatif bagi saya untuk bisa pergi ke kelas-kelas itu, di lingkungan itu, dan begitu terstimulasi pada usia dini," kata Bezos kepada majalah Montessori Life dalam sebuah wawancara tahun 2000.

"Saya sebenarnya tidak tahu apa yang ditunjukkan oleh penelitian ilmiah, tetapi secara intuitif saya harus membayangkan bahwa itu baik untuk anak kecil," tambahnya.

Dalam wawancara itu, Bezos juga mengenang menelusuri huruf di atas amplas dan melukis di atas kuda-kuda besar.

Jaringan preschool ini akan beroperasi di bawah organisasi nirlaba Bezos Academy. Hingga kini, mereka sedang dalam proses perekrutan untuk posisi yang akan menilai keberhasilan atau kegagalan program preschool buatan Bezos.

Tag: Jeff Bezos

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Getty Image