Sabtu, 17 April 2021 Portal Berita Entrepreneur

Inilah 10 Miliarder Termuda di Dunia, Ada Remaja 18 Tahun yang Hartanya Tembus Rp48 Triliun!

Foto Berita Inilah 10 Miliarder Termuda di Dunia, Ada Remaja 18 Tahun yang Hartanya Tembus Rp48 Triliun!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Majalah Forbes baru saja merilis daftar miliarder dunia tahun 2021. Di antara daftar tersebut, ditemukan deretan orang terkaya dunia yang berusia di bawah 30 tahun. Forbes sendiri menemukan hanya ada 10 miliarder di bawah usia 30 tahun.

Dilansir dari Forbes di Jakarta, Kamis (8/4/21) kekayaan kolektif milik 10 orang terkaya paling mudah ini sebanyak USD29,5 miliar, lebih besar USD13 miliar dari tahun lalu. Berikut ulasan lengkap 10 miliarder termuda di dunia!

Baca Juga: Mengintip Sumber Kekayaan Kevin David Lehmann, Remaja 18 Tahun yang Jadi Miliarder Termuda di Dunia

1. Kevin David Lehmann

Kevin David Lehmann adalah miliarder termuda di dunia yang masih remaja. Pasalnya, ia baru berusia 18 tahun dan secara resmi mewarisi 50 persen saham ayahnya di jaringan toko obat Jerman drogerie markt. Kekayaannya pun mencapai USD3,3 miliar (Rp48 triliun).

2. Wang Zelong

Wang Zelong adalah pewaris saham dari CNNC Hua Yuan Titanium Dioxide Co., yang diperdagangkan di bursa saham Shenzhen, China. Di usianya yang baru berusia 24 tahun, harta kekayaannya telah mencapai USD1,5 miliar (Rp21 triliun).

Perusahaan CNNC Hua Yuan ini memproduksi pigmen titanium dioksida, pigmen putih yang dapat digunakan sebagai pelapis, plastik, tinta, dan bahan lainnya.

3. Alexandra Andresen

Alexander Andresen adalah seorang putri dari Johan Andresen Jr, merupakan pengusaha bisnis keluarga, perusahaan investasi Ferd, yang merupakan salah satu perusahaan swasta terbesar di Norwegia. Di usianya yang baru menginjak 24 tahun, kekayaan Andresen mencapai USD1,4 miliar (Rp20 triliun). Saat ini, Alexandra Andresen adalah penunggang kuda profesional yang telah memenangkan beberapa penghargaan dressage internasional.

4. Katharina Andresen

Katharina Andresen adalah kakak dari Alexandra. Mereka masing-masing mewarisi 42 persen saham perusahaan investasi ayahnya, Fred yang berbasis di Norwegia dan menghasilkan pendapatan tahunan sekitar USD2 miliar (Rp29 triliun). Di usia 25 tahun, Katharina berharta USD1,4 miliar (Rp20 triliun). Saat ini, dia bekerja sebagai koordinator pemasaran di perusahaan perlengkapan olahraga Norwegia, Brav, yang dimiliki oleh perusahaan investasi keluarganya.

5. Austin Russell

Austin Russell adalah miliarder berusia 26 tahun yang memulai Luminar Technologies, perusahaan yang membuat sendor dan teknologi untuk kendaraan otonom. Berkat itu, kekayaannya kini mencapai USD2,4 miliar (Rp34,9 triliun).

Sensor buatannya saat ini membantu mobil swakemudi seperti Volvo dan Toyota, dengan memantulkan sinar laser dari objek di sekitar dan lingkungan kendaraan.

6. Gustav Magnar Witzoe

Pengusaha produsen Salmon asal Norwegia, Gustav Magnar Witzoe menjadi miliarder termua ke-6 di dunia. Di usianya yang ke-27 tahun, Gustav memiliki hampir setengah dari SalMar ASA, produsen salmon Norwegia yang didirikan ayahnya pada tahun 1991.

Kekayaan Witzoe hampir dua kali lipat pada tahun lalu berkat kinerja pasar SalMar yang kuat. Saham tersebut di perusahaan diberikan oleh ayahnya pada tahun 2013. Kini, kekayaannya mencapai USD4,4 miliar (Rp64 triliun).

7. Andy Fang

Andy Fang adalah pengusaha teknologi miliarder China-Amerika. Ia terkenal sebagai salah satu pendiri dan Chief Technology Officer di DoorDash, yang ia mulai bersama Stanley Tang, Tony Xu, dan Evan Moore pada 2013. Di usianya yang baru 28 tahun, kekayaan Fang telah mencapai USD2 miliar (Rp29 triliun).

8. Stanley Tang

Stanley Tang juga merupakan salah satu pendiri dari DoorDash. Ia masih berusia 28 tahun dan berharta USD2 miliar (Rp29 triliun). DoorDash merupakan aplikasi pengiriman makanan yang didirikan Fang and Tang pada tahun 2013, menjadi terkenal selama pandemi karena restoran dan pelanggan beralih memesan makanan melalui online.

Perusahaan go public di New York Stock Exchange pada bulan Desember. Fang sebelumnya menjabat sebagai chief technology officer perusahaan, sedangkan Tang adalah chief product officer.

9. Sam Bankman-Fried

Pria 29 tahun ini membangun kekayaan dari kripto yang tumbuh pesat. Setelah meluncurkan perusahaan perdagangan Alameda Research, yang mengelola aset USD2,5 miliar, dan platform perdagangan derivatif kripto FTX. Kini, kekayaan Bankman-Fried mencapai USD8,7 miliar (Rp126 triliun).

10. Jonathan Kwok

Jonathan Kwok adalah pewaris kekayaan dari mendiang ayah mereka Walter Kwok. Warisan tersebut berupa saham di pengembang properti Hong Kong, Sun Hung Kai Properties. Walter Kwok dahulu digulingkan dari posisi ketua Sun Hung Kai pada 2008 karena perselisihan dengan saudara-saudaranya Thomas dan Raymond Kwok.

Dia kemudian memulai pengembang properti Empire Group Holdings, yang sekarang dijalankan oleh anak-anaknya Jonathan dan Geoffrey. Jonathan kini berharta USD2,4 miliar (Rp34,9 triliun).

Tag: miliarder, Forbes

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Unsplash/Rawpixel