Sabtu, 06 Maret 2021 Portal Berita Entrepreneur

Telkomsel Ajak UKM Sumut Hadapi Industri 4.0

Foto Berita Telkomsel Ajak UKM Sumut Hadapi Industri 4.0
WE Entrepreneur, Medan -

Perkembangan teknologi komunikasi begitu pesat dan telah memasuki era 4.0 atau digitalisasi. Telkomsel sangat menyadari pentingnya berbagi pengalaman dengan pelaku UKM di Sumut guna mempersiapkan kematangan dalam persaingan era digital. 

Direktur Sales Telkomsel, Ririn Widaryani mengatakan Telkomsel telah mempersiapkan ekosistem digital untuk memperluas layanan kepada pelanggan, baik perorangan maupun corporate, dalam menghadapi era 4.0. 

"Tantangan bagi pelaku UKM di Indonesia khususnya di Sumut adalah digitalisasi, sebagai penanda era 4.0 ini, Telkomsel sangat menyadari pentingnya berbagi pengalaman dengan pelaku UKM guna mempersiapkan kematangan dalam persaingan era digital," katanya disela sela seminar tentang tantangan berwirausaha di era digital dengan tema “Bagaimana Bisnis Bertahan di Era Digital.” di Medan, Selasa (26/11/2019). 

Baca Juga: Kursi Dirut Telkomsel Tak Bertuan, Saham Telkom Jadi Ladang Cuan!

Baca Juga: Dari Ahok, Wamen BUMN hingga Bos Telkomsel. Ini Formasi Terbaru Pertamina Era Erick Thohir

Dikatakannya, Telkomsel dengan jaringan luas yang dimiliki, maka pelaku UKM akan lebih mudah terhubung dengan pelaku UKM daerah-daerah lain atau memperluas jangkauan konsumennya. Bagi Telkomsel, keamanan dan kenyamanan setiap pelanggan adalah hal utama yang terus dijaga sebab itu adalah bentuk kepercayaan.

"Telkomsel terus bertekad menjadi pemimpin dalam bisnis nirkabel dan digital dengan menghadirkan berbagai revolusi industri untuk memperkuat Indonesia dalam berbagai bidang. Sehingga di era 4.0, tantangan bagi pelaku usaha bukan hanya persaingan konvensional, melainkan telah hadir persaingan global yang melalui e-commerce," ujarnya.

Dikatakannya, dalam seminar ini Telkomsel sengaja menggandeng Amazon Web Service (AWS) untuk menambah literasi digital pelaku UKM di Sumatera Utara. AWS telah cukup berpengalaman dalam melayani pelanggannya menghadapi dunia digital melalui cloud computing atau cloud platform yang dimiliki. 

"Dengan pengenalan manfaat dan fungsi-fungsi cloud dalam bagi pelaku UKM di Sumatera Utara, diharapkan akan semakin menggairahkan pelaku UKM dalam menghadapi era 4.0 ini," pungkasnya. 

Tag: PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Medan, Industri 4.0

Penulis: Khairunnisak Lubis

Editor: Vicky Fadil

Foto: Khairunnisak Lubis