Minggu, 21 Juli 2024 Portal Berita Entrepreneur

Apakah Pasar Sedang Gelembung? Ini Jawaban Dua Miliarder Legendaris!

Foto Berita Apakah Pasar Sedang Gelembung? Ini Jawaban Dua Miliarder Legendaris!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Aksi harga dalam ekuitas selama 12 bulan terakhir sangat luar biasa. Hingga banyak orang meminta pendapat miliarder investor kawakan seperti Warren Buffett dan Ray Dalio. Apakah pasar sedang gelembung?

Terlepas dari pandemi global dan gejolak ekonomi, S&P 500 dan indeks lainnya telah ke level tertinggi baru tanpa melihat ke belakang. Bukan hanya indeks, banyak saham terus mencetak tertinggi baru. Jumlah IPO juga telah melonjak, dan ada serbuan perusahaan akuisisi tujuan khusus (SPAC), yang telah mengumpulkan USD400 miliar (Rp5.790 triliun) dari investor untuk mengejar akuisisi selama setahun terakhir.

Baca Juga: Tren Energi Hijau Gandrung Miliarder, Orang Terkaya Asia Gak Mau Ketinggalan, Guyur Dana Rp146 T!

Dilansir dari Guru Focus di Jakarta, Senin (28/6/21) lingkungan investasi ini memiliki semua ciri euforia. Investor dengan senang hati membuang uang ke perusahaan baru yang belum terbukti berhasil, tetapi berharap mereka akan menghasilkan uang.

Di permukaan, pasar terlihat seperti gelembung. Namun, sulit untuk menentukan apakah seluruh pasar berada dalam gelembung atau hanya beberapa bagian saja. Baik Ray Dalio dan Warren Buffett telah mengomentari hal ini pada tahun lalu.

Selama konferensi Robin Hood minggu ini, Dalio mempresentasikan analisisnya tentang lingkungan pasar saat ini. Dia menjelaskan meskipun ada beberapa aktivitas tipe gelembung di beberapa bagian pasar, secara keseluruhan, pasar tidak dalam gelembung jika dibandingkan dengan akhir 90-an dan 2007.

Meski demikian, pendiri Bridgewater ini menjelaskan bahwa ia percaya sekitar 5% saham di S&P 500 berada dalam gelembung, yang berada di bawah level saham yang berada di wilayah gelembung pada tahun 1929, 2000 dan 2007.

Berdasarkan analisis tersebut, Dalio melihat bahwa investor harus menentukan sendiri saham mana yang berada di wilayah gelembung dan mana yang tidak. Tetapi, ada banyak saham yang tidak dalam gelembung, klaimnya.

Sementara itu, pendiri Berkshire Hathaway, Warren Buffett mengungkapkan pendapat serupa pada pertemuan tahunan pemegang saham perusahaannya tahun ini.

Kedua investor legendaris ini tidak yakin seluruh pasar saat ini dinilai terlalu tinggi. Mereka memang melihat beberapa bagian pasar mahal, tetapi secara keseluruhan, ketika seseorang memperhitungkan suku bunga, penilaian ekuitas tidak terlihat mahal.

Dengan demikian, kita dapat menarik kesimpulan bahwa investor yang masih bersedia bekerja dapat menemukan peluang investasi yang menarik terlepas dari tingkat pasar saat ini. Terlebih lagi, menurut Dalio, pasar saat ini terlihat mahal tetapi tidak dinilai terlalu tinggi, sehingga investasi S&P 500 dapat terus melihat pengembalian positif seiring dengan pembukaan ekonomi.

Tag: Ray Dalio, Warren Edward Buffett

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: REUTERS/Brian Snyder