Rabu, 03 Maret 2021 Portal Berita Entrepreneur

Ada 4 Pengusaha China yang Juga Dibungkam Seperti Jack Ma

Foto Berita Ada 4 Pengusaha China yang Juga Dibungkam Seperti Jack Ma
WE Entrepreneur, Jakarta -

Pendiri Alibaba, Jack Ma heboh dikabarkan menghilang. Pada dasarnya, mungkin saja Jack Ma berusaha untuk tidak terlihat publik selama penyelidikan perusahaannya. Namun, ketidakhadiran Jac Ma mengingatkan pada pengusaha China lainnya yang menghilang setelah mengkritik pemerintah China. Dilansir dari Business Insider di Jakarta, Rabu (6/1/21) berikut 4 pengusaha yang dibungkam China!

1. Ren Zhiqiang

Pensiunan konglomerat real estat, Ren Zhiqiang menghilang dari radar pada Maret usai menuduh Partai Komunis salah menangani pandemi virus corona, menurut laporan The New York Times. Lambat laun diketahui bahwa China telah menghukum Ren, yang berusia 69 tahun 18 tahun penjara.

Baca Juga: Penyebab Jack Ma Hilang Bak Ditelan Bumi, dari Pidato hingga Kemarahan Xi Jinping

2. Xu Zhangrun

Seorang profesor hukum dan pengacara hak asasi manusia, Xu Zhangrun, juga dilaporkan ditangkap usai mengkritik China penanganan pemerintahan Xi Jinping terhadap pandemi corona.

3. Xiao Jianhua

Seorang manajer aset, Xiao Jianhua diculik dari sebuah hotel di Hong Kong pada Januari 2017, menurut laporan Reuters. Xiao menghilang ke dalam tahanan China yang kemudian perusahaannya disita oleh negara. Regulator menuduh Xiao dan taipan lainnya menarik calon investor dari pasar saham China.

4. Meng Hongwei

Terakhir, ada mantan kepala Interpol, Meng Hongwei yang menghilang pada September 2018 dalam perjalanan ke China dari Prancis. Bulan Januari lalu, China menghukumnya 13,5 tahun penjara atas tuduhan penyuapan.

Istri Meng, yang pertama kali melaporkan suaminya hilang, mengatakan kepada The Guardian pada 2018 bahwa dia yakin suaminya tidak bersalah dan penahanannya bermotif politik.

"Ini bukan keadilan," katanya. "Saya pikir kampanye anti-korupsi di China telah rusak. Ini telah menjadi cara menyerang orang-orang yang menjadi musuh Anda."

Jack Ma termasuk ke dalam pengusaha yang menghilang usai mengkritik regulator China. Bahkan, Presiden Xi Jinping sendiri yang memerintahkan IPO Ant Group, perusahaan finansial teknologi milik Jack Ma, dihentikan. Hingga hari ini, Jack Ma masih belum menunjukkan batang hidungnya di hadapan publik, pun tak ada yang mengetahui di mana Jack Ma berada.

Tag: Jack Ma, China (Tiongkok)

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Nytimes.com