Senin, 10 Agustus 2020 Portal Berita Entrepreneur

Salut! Miliarder Twitter Bantu 15 Kota Terdampak Corona di AS

Foto Berita Salut! Miliarder Twitter Bantu 15 Kota Terdampak Corona di AS
WE Entrepreneur, Jakarta -

Miliarder sekaligus CEO Twitter dan Square, Jack Dorsey telah menyumbang USD3 juta (Rp43 miliar) untuk membantu mendanai Walikota dalam program Mayors for a Guaranteed Income (MGI). Program tersebut adalah sebuah koalisi baru dari 15 walikota di seluruh Amerika Serikat (AS) yang ingin mengeksplorasi ide pendapatan untuk penduduk di kota mereka.

Dilansir dari Forbes di Jakarta, Jum'at (10/7/2020) koalisi ini dibuat pada 29 Juni oleh Michael Tubbs, walikota Stockton, California yang masih berusia 29 tahun. Ia telah menjalankan program percontohan pendapatan di kotanya sejak musim dingin 2018.

Baca Juga: Bos Amazon hingga Twitter Kecam Trump Akibat Pembekuan Visa Pekerja Imigran

"Walikota adalah pemimpin moral negara," ujar Tubbs kepada Forbes.

Ia menambahkan Walikota  berada di garis terdepan yang berurusan dan merespon secara sigap pandemi Covid-19.

Dana hibah tersebut akan membantu walikota membuat program percontohan untuk pendapatan dasar universal atau pendapatan dasar (UBI) di kota-kota mereka yang meliputi Newark, Atlanta, Seattle, Los Angeles, Compton, Long Beach, Pittsburgh, Oakland dan banyak lagi. Sisa uang itu akan digunakan untuk program percontohan baru di Stockton.

Dorsey membuat sumbangan dari #startsmall, perusahaan terbatas filantropisnya yang diluncurkannya pada 7 April dengan mentransfer USD1 miliar saham Square yang merupakan 28% dari kekayaan bersihnya ke LLC.

Dorsey mengatakan ia akan lebih memfokuskan upaya amal pada bantuan Covid-19, dan juga mendanai upaya untuk meningkatkan kesehatan dan pendidikan anak perempuan serta eksperimen UBI.

Lebih lanjut dengan UBI, Dorsey telah memberikan USD11,2 juta kepada GiveDirectly, sebuah organisasi nirlaba yang telah menjadi favorit elit teknologi Silicon Valley karena pekerjaannya yang menjanjikan UBI di Kenya dan Uganda. Pandemi global telah menyebabkan pengangguran yang sangat tinggi.

"Setiap bidang akan disentuh oleh otomatisasi, dan UBI bagi saya mewakili lantai tempat orang dapat berdiri, dan memiliki pengetahuan dan kedamaian pikiran bahwa mereka dapat bertahan hidup dan makan serta memberi makan anak-anak mereka sementara mereka belajar bagaimana cara beralih ke dunia baru ini." kata Dorsey.

Dana hibah Dorsey untuk GiveDirectly diperuntukkan bagi pencairan uang tunai untuk keluarga berpenghasilan rendah yang telah dipengaruhi oleh Covid-19. Dia memberikan USD5 juta lagi untuk Humanity Forward, Yang nirlaba, yang juga akan memberikan pembayaran tunai kepada keluarga berpenghasilan rendah terdampak pandemi.

Tag: Jack Dorsey, Twitter

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Reuters/Chris Wattie