Jum'at, 17 Mei 2024 Portal Berita Entrepreneur

Curhat Ketakutan, Bill Gates Akui Paling Takut Hal Ini Terjadi di Tahun 2022

Foto Berita Curhat Ketakutan, Bill Gates Akui Paling Takut Hal Ini Terjadi di Tahun 2022
WE Entrepreneur, Jakarta -

Miliarder Bill Gates mungkin optimis dengan 2022. Namun, salah satu pendiri Microsoft ini masih memiliki beberapa kekhawatiran.

Dalam posting blog akhir tahun Gates yang baru-baru ini diterbitkan, berjudul “Reasons for optimism after a difficult year” ia membuat beberapa ramalan cerah dari pandemi Covid yang berpotensi berakhir hingga kebangkitan metaverse yang akan datang.

Melansir CNBC Make It di Jakarta, Senin (27/12/21) namun, satu masalah tertentu dapat memperlambat atau menggagalkan sebagian besar kemajuan itu, ia memprediksi hal itu adalah ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Baca Juga: Peringatan dari Bill Gates: Bagian Terburuk dari Pandemi Akan Segera Tiba

"Ini salah satu masalah yang paling saya khawatirkan menjelang 2022," tulisnya.

Gates menilai lembaga publik perlu menjadi pemain utama dalam perjuangan seperti mengatasi perubahan iklim atau mencegah pandemi berikutnya.

“Jika orang-orang Anda tidak mempercayai Anda, mereka tidak akan mendukung inisiatif baru yang besar,” tulis Gates. “Dan ketika krisis besar muncul, mereka cenderung tidak mengikuti panduan yang diperlukan untuk menghadapi badai.”

Ketidakpercayaan semacam itu menjadi sangat terlihat sejak pandemi melanda, yakni dengan adanya misinformasi Covid telah menyebar di AS dan seluruh dunia hingga menghambat tingkat vaksinasi negara itu dan pada akhirnya menunda akhir pandemi.

Tetapi penelitian Pew Research Center dari masa pra-Covid menunjukkan tren yang sama: Dalam jajak pendapat tahun 2019, orang dewasa Amerika, 75% responden mengatakan kepercayaan warga mereka pada pemerintah federal telah menyusut.

Sebanyak 64% pemilih lainnya mengatakan kepercayaan orang Amerika satu sama lain juga menyusut. Dan sekitar empat dari sepuluh responden berpikir ketidakpercayaan membuat lebih sulit untuk menangani masalah seperti perawatan kesehatan, imigrasi dan kekerasan senjata.

Dalam posting blog Gates, ia mencatat bahwa siklus berita 24 jam, berita utama berinsentif politik, dan media sosial masing-masing memainkan peran dalam kesenjangan yang semakin besar. Menurut Gates, pemerintah mungkin perlu mengatur platform online untuk secara efektif menghilangkan informasi yang salah.

Gates bahkan prihatin jika misinformasi ini tersebar dengan cepat, ketidakpercayaan warga bisa semakin parah. Efek bola salju kemudian dapat menyebabkan publik menjadi semakin kecewa.

Ini adalah masalah yang sulit untuk dipecahkan, bahkan Gates mengatakan dia tidak yakin bagaimana melanjutkannya.

“Di sinilah biasanya saya akan memaparkan ide-ide saya tentang bagaimana kami memperbaiki masalah. Yang benar adalah, saya tidak punya jawaban," tulisnya.

“Saya berencana untuk terus mencari dan membaca ide orang lain, terutama dari anak muda. Saya berharap generasi yang tumbuh secara online akan memiliki ide-ide segar tentang bagaimana mengatasi masalah yang begitu mengakar di Internet,” tandasnya.

Tag: Bill Gates

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Instagram/Bill Gates