Sabtu, 06 Maret 2021 Portal Berita Entrepreneur

Miliarder Maskapai Ini Berharap Bakal Ada Paspor Vaksinasi Covid

Foto Berita Miliarder Maskapai Ini Berharap Bakal Ada Paspor Vaksinasi Covid
WE Entrepreneur, Jakarta -

Miliarder Virgin Atlantic, Richard Branson mengaku bahwa dia berharap paspor vaksinasi Covid akan tersedia untuk calon penumpang maskapai penerbangan. Hal ini dapat membantu mereka untuk melewati langkah-langkah mitigasi virus lainnya sebelum bepergian.

"Vaksinasi adalah segalanya. Begitu orang yang rentan, khususnya, telah divaksinasi, saya pikir semua jenis bisnis dapat mulai dibuka kembali: restoran, perusahaan perjalanan, perusahaan pelayaran," kata Branson yang dikutip dari CNBC International di Jakarta, Rabu (20/1/21).

Baca Juga: Mengintip Banyaknya Gelar Kehormatan Bill Gates, Miliarder yang Bahkan Putus Kuliah!

"Mudah-mudahan akan ada secarik kertas bukti vaksinasi yang bisa digunakan orang untuk bisa naik pesawat tanpa harus diuji atau tanpa harus karantina," tambah miliarder Inggris itu.

Sebelumnya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengumumkan akan mewajibkan penumpang maskapai untuk menunjukkan bahwa mereka dinyatakan negatif untuk virus corona sebelum terbang ke negara itu.

Dan belum lama ini, juru bicara Presiden terpilih Joe Biden, Jen Psaki mengatakan dalam sebuah tweet bahwa pemerintahan akan tetap memberlakukan larangan masuk pada sebagian besar pengunjung dari Eropa, Inggris dan Brasil. Pengumuman itu datang tak lama setelah Presiden Donald Trump mengatakan dia akan mencabut pembatasan perjalanan.

Sementara itu, paspor vaksinasi Covid adalah cara bagi orang-orang untuk membuktikan bahwa mereka telah diinokulasi untuk melawan penyakit tersebut, dan beberapa percaya bahwa mereka dapat membantu pemulihan ekonomi dari pandemi.

Sebuah grup yang didukung oleh Microsoft dan Oracle bernama Vaccination Credential Initiative baru-baru ini diluncurkan untuk mendapatkan versi digital terenkripsi dari catatan vaksinasi, yang kemudian dapat disimpan dalam dompet digital pilihan, seperti Apple Wallet atau Google Pay.

"Saat dunia mulai pulih dari pandemi, memiliki akses elektronik ke vaksinasi, pengujian, dan catatan medis lainnya akan sangat penting untuk melanjutkan perjalanan dan banyak lagi," kata Mike Sicilia, wakil presiden eksekutif Unit Bisnis Global Oracle.

Maskapai penerbangan dan industri perjalanan sangat terpukul oleh pandemi virus corona. Para eksekutif industri secara konsisten menunjuk vaksinasi Covid yang meluas sebagai kunci pemulihan yang kuat.

Sementara perjalanan udara tidak berada pada titik terendah era pandemi, Branson mengatakan dia yakin akan ada peningkatan dalam beberapa bulan mendatang karena vaksinasi terus digulirkan. Dia memuji upaya di Inggris untuk vaksinasi, serta janji Biden untuk memvaksinasi 100 juta orang Amerika dalam 100 hari.

"Saya berharap dalam waktu tiga atau empat bulan, setelah sebagian besar orang yang rentan telah divaksinasi, kita dapat mulai menantikan akhir musim semi atau musim panas untuk mulai kembali normal," kata Branson penuh harap.

Tag: Richard Branson, Covid-19

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Instagram/richardbranson