Minggu, 07 Maret 2021 Portal Berita Entrepreneur

Niatnya Jadi DJ Eh Malah Jadi Bos Instagram, Simak Deh Kisahnya

Foto Berita Niatnya Jadi DJ Eh Malah Jadi Bos Instagram, Simak Deh Kisahnya
WE Entrepreneur, Jakarta -

Popularitas Instagram sudah tak bisa dielakkan lagi. Berbagai macam lapisan masyarakat aktif di dalamnya. Namun, tahukah kamu bahwa aplikasi kece ini didirikan oleh seseorang yang dulunya bercita-cita menjadi disjoki (DJ)?

Kevin Systrom, salah satu pendiri Instagram ini ternyata bercita-cita menjadi seorang DJ saat remaja dulu. Saking terobsesinya, pria kelahiran 1983 ini sampai sempat mengirimkan email ke Boston Beats, sebuah toko musik tua di daerahnya untuk memohon agar bisa bekerja sebagai seorang DJ di sana.

Baca Juga: Kisah Sukses yang Inspiratif dari Pendiri KFC

Namun, DJ hanya jadi impian belaka yang tak kunjung diraihnya, dan akhirnya Kevin pun beralih ke teknologi. Memiliki seorang Ibu yang bekerja di perusahaan teknologi, Zipcar, membuat Kevin tak asing lagi dengan dunia teknologi. Sejak kecil, ia sudah membuat program untuk menjaili teman-temannya, dan dia juga bisa nge-hack lho.

Seiring berjalannya waktu, tahun pun berganti. Berawal dari pengalaman pribadinya saat hasil fotonya dikritik oleh sang guru di SMA, Kevin memiliki keinginan untuk membuat platform yang bisa memberikan warna dan efek pada hasil fotonya. Ketika ia menggunakan filter foto dari iPhone 4 dan tak puas dengan hasilnya, keinginan Kevin pun bertambah.

Baca Juga: Bos Bukalapak: Anak Kampung Jadi Miliarder

Bukan hanya sekadar filter foto, Kevin juga ingin membuat platform sendiri yang bisa berbagi foto, filter foto, dan tak ketinggalan unsur video. Sebelum muncul nama Instagram, platform besutan Kevin diberi nama Burbn.

Baca Juga: Berawal dari Penjaga Warnet, Kini Hartanya Meroket

Lambat laun, pembaruan dan evaluasi terus dilakukan, dan sampailah pada titik di mana Instagram lahir, 6 Oktober 2010. Kehadiran Instagram bertujuan untuk memberikan tigas solusi: membuat foto jadi lebih cantik, mampu membagikan ke aplikasi lain, dan foto tersebut bisa dibagikan secara cepat.

Keberhasilan Instagram terus mendunia. Saat ini, Instagram telah diunduh oleh lebih dari 1 miliar pengguna. Sejak tahun 2012, Facebook pun memutuskan untuk mengakuisisi Instagram. Namun, sayang, Kevin dan rekannya Krieger memutuskan untuk mundur dari Facebook sejak tahun lalu.

Tag: Kisah Sukses, Inspirasi, Instagram

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Instagram/kevin