Sabtu, 27 April 2024 Portal Berita Entrepreneur

Langkah Simple Pasarkan Merek di Medsos Ala Influencer Superstar

Foto Berita Langkah Simple Pasarkan Merek di Medsos Ala Influencer Superstar
WE Entrepreneur, Jakarta -

Memilih memasarkan bisnis di media sosial tak ayal dipilih pengusaha untuk menjadi salah satu langkah meraih kesuksesan. Untuk membuat media sosial yang dikenal banyak orang dan mendapatkan banyak followers bukanlah hal yang mudah. Jika Anda merasa kebingungan dengan itu, Anda dapat menyontek langkah yang diambil Abigail Ratchford, influencer sekaligus pragawati dengan 8,9 juta pengikut di instagramnya.

Baca Juga: Konsumen Makin Cerdas, Influencer Marketing Bisa Jadi Pilihan Tepat Promosi Merek Anda

Melansir dari Entrepreneur.com (13/2/2019), Abigail memiliki steps simple yang ia lakukan untuk menggapai keberhasilan di media sosial seperti sekarang ini. Bukan hanya Instagram, di platform lain pun ia mampu memasarkan sejumlah proyek dengan sukses.

Berikut step-stepnya yang Abigail lakukan, simak ya:

1. Ambil kendali atas hidup Anda dan ambil risiko

“Model gaya hidup media sosial ini dimulai dengan kebetulan. Saya dibesarkan di Scranton, Pennsylvania. Saya seorang gadis yang tinggal di kota kecil. Saya melakukan pemotretan dengan fotografer lokal dan dia memasang foto-foto itu di halaman Facebooknya. Dalam beberapa hari, foto-foto itu diambil oleh Sports Illustrated, dan platform lain. Namun, dari pengalaman itu, tidak ada yang menguntungkan bagi saya, tapi saya suka pekerjaan ini,” ungkapnya.

Baca Juga: 5 Strategi Pasarkan Bisnis dengan Manfaatkan Influencer

Setelah menyadari passion dirinya, dan di tempat ia tinggal tidak memberikan banyak keuntungan. Abigail memutuskan untuk pindah ke Los Angeles tahun 2014, kemudian ia mulai mengembangkan kariernya di sana.

Makna yang dapat diambil dari langkah Abigail tersebut untuk setiap pengusaha adalah ketahui dulu media sosial mana yang memberikan untung untuk bisnis Anda. Jika di Instagram tidak memberikan untung, enyahlah, berani coba platform lain hingga menemukannya.

2. Hal-hal baik tidak terjadi secara kebetulan. Rencanakan, rencanakan, rencanakan!

“Saya siap untuk pergi begitu saya tiba di LA. Jadi saya melakukan penelitian pada semua fotografer terbaik, penata rias, penata rambut, perusahaan PR, videografer di sana. Saya tidak ingin menyia-nyiakan satu menit pun waktu saya untuk meraih kesuksesan,” terang Abigail.

Baca Juga: Peran Penting Mikro Influencer dalam Pemasaran Produk

Pengusaha yang menggunakan media sosial untuk pemasaran pun harusnya demikian. Terus berupaya untuk meraih keberhasilan dalam pemasaran. Sampai brand bisnis Anda mendunia, semua butuh rencana dan usaha.

3. Selalu mencoba platform, filter, atau inovasi baru

“Meskipun seluruh karier saya dibangun di media sosial, saya sangat tidak mengerti dengan teknologi baru dan kecenderungan saya adalah tetap pada apa yang saya tahu. Saya biasa melakukan banyak video Instagram dan ketika Snapchat keluar, saya merasa, apa gunanya? Tetapi, orang-orang mengatakan kepada saya betapa menyenangkannya, jadi saya mencobanya dan ternyata di sana saya juga bisa mendapatkan uang,” jelasnya.

Jadi, Abigail berpesan, pengusaha jangan takut untuk mencoba hal-hal baru. Ikuti perkembangan tren, dan terus kemas pemasaran dengan inovasi baru. Sebenarnya selalu ada peluang besar di sana.

Tag: Influencer, Media Sosial (Medsos), strategi bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Instagram/Abigailratchford