Minggu, 07 Maret 2021 Portal Berita Entrepreneur

Mau Pensiun Dini Jadi Pengusaha? Lakukan 3 Persiapan Finansial Berikut

Foto Berita Mau Pensiun Dini Jadi Pengusaha? Lakukan 3 Persiapan Finansial Berikut
WE Entrepreneur, Jakarta -

Apakah Anda ingin pensiun dini sebagai pengusaha? Anda dapat mempersiapkannya dari saat ini. Ada urusan finansial pascapensiun yang harus Anda pikirkan dan siapkan sebelum memutuskan untuk berhenti dari dunia usaha.

Detik-detik sebelum pensiun dini, Anda harus meyakinkan diri dan keluarga (jika yang sudah berkeluarga). Bicarakan mengenai keputusan Anda kepada mereka. Pasalnya, akan ada yang berubah dari segi keuangan pascapensiun.

Namun, ternyata pension dini bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan uang lagi untuk keperluan hidup lho. Melansir dari Entrepreneur.com (28/1/2019), Anda dapat menjadi pribadi yang mandiri setelah pensiun dini dengan cara berikut:

1. Kontrol pengeluaran Anda

Ini mungkin salah satu yang sering Anda dengar dan sepertinya solusi yang jelas. Semakin sedikit Anda membelanjakan, semakin banyak uang yang dapat Anda investasikan atau simpan. Selain itu, Anda akan terbiasa dengan gaya hidup yang lebih terjangkau, membuatnya lebih mudah dicocokkan ketika Anda berhenti menjadi pengusaha.

2. Hemat dengan cara yang pintar

Setelah memotong pengeluaran Anda, Anda akan memiliki lebih banyak uang. Masukkan uang itu ke dalam rekening tabungan berbunga tinggi dan Anda dapat mengontrol pengeluarannya.

Begini cara kerjanya: Jika Anda menghemat 1 persen dari penghasilan Anda, Anda perlu 99 tahun untuk memiliki cukup tabungan untuk membayar biaya satu tahun. Namun, menabung 10 persen dari penghasilan Anda akan membawa Anda sembilan tahun, dan menabung 50 persen hanya akan membawa Anda satu tahun. Jadi, simpan sebanyak yang Anda bisa untuk mencapai titik di mana bekerja adalah opsional.

3. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang berpikiran sama

Jika teman-teman Anda suka keluar, menghabiskan uang, dan membeli barang-barang yang mahal, kemungkinan besar Anda akan terbawa ke dalam gaya hidup itu juga.

Jadi, pilih teman dengan bijak, dan teman Anda akan membantu upaya Anda untuk mempersiapkan finansial, bukan menghalangi Anda. Menghabiskan waktu dengan orang-orang yang memiliki nilai-nilai yang sama dengan Anda dan memiliki tujuan yang sama akan membantu Anda tetap pada jalan menuju kemandirian finansial.

Tag: Finansial, Entrepreneur, Keuangan

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Ali Yahya