Jum'at, 16 April 2021 Portal Berita Entrepreneur

5 Hal Ini Ternyata Masuk Keterampilan Komunikasi di Kantor, Penting Buat Dijaga

Foto Berita 5 Hal Ini Ternyata Masuk Keterampilan Komunikasi di Kantor, Penting Buat Dijaga
WE Entrepreneur, Jakarta -

Menjaga komunikasi di tempat kerja adalah hal yang harus dilakukan setiap orang. Bukan hanya yang berlatar belakang Pendidikan Ilmu Komunikasi saja, tapi seluruh jajaran.

Pasalnya, menurut lansiran dari Entrepreneur (6/3/2019), mengasah keterampilan komunikasi itu penting untuk pengaruh terhadap karier Anda lho. Berikut adalah lima keterampilan komunikasi penting yang harus diasah setiap karyawan dan bos, simak ya:

Menunjukkan rasa hormat

“Menghormati ruang dan waktu orang lain adalah penting, terutama jika Anda perlu berbicara tentang subjek yang sensitif,” kata Crawford.

Baca Juga: Ada 20 Ribu Karyawan Milenial di PNM, Begini Gaya Arief Mulyadi Pimpin Mereka

Mungkin banyak orang yang tidak berpikir untuk menunjukkan rasa hormat sebagai keterampilan komunikasi, itu karena rasa hormat adalah bagaimana kita berbicara dan mendengarkan orang lain.

“Hindari berbicara dengan seseorang yang tidak menimbulkan lingkungan positif di tempat kerja. Hormati perasaan dan kekuatan serta perspektif orang lain,” kata Crawford.

Mendengarkan secara aktif

"Mendengarkan secara aktif adalah bagian penting dari pekerjaan apa pun," kata Jacinto.

Menjadi pendengar yang buruk, seperti seseorang yang menyela atau tidak melakukan kontak mata ketika orang lain berbicara dengan Anda, dapat membahayakan posisi Anda di tempat kerja. Jika Anda tidak mendengarkan dengan baik, "Anda mungkin tidak memahami tujuan penuh untuk suatu proyek atau alat yang baru saja Anda latih," katanya.

Baca Juga: Terbukti! Ternyata Karyawan Magang Adalah Aset Penting Bagi Startup

Menampilkan bahasa tubuh yang positif

Anda mungkin tidak menyadarinya hal ini sebagai keterampilan komunikasih, "Bahasa tubuh Anda berkomunikasi lebih dari sekadar kata-kata," kata Crawford.

Jadi, Crawford mendorong Anda untuk menyadari energi keseluruhan yang Anda pancarkan dengan aksi dan gerakan.

Bersedia mengajukan pertanyaan

Ketika Anda seorang karyawan baru di sebuah perusahaan, Anda mungkin takut mengajukan pertanyaan kepada rekan kerja atau manajer Anda. Tetapi, kemampuan dan kemauan untuk mengajukan pertanyaan adalah keterampilan komunikasi yang penting.

Baca Juga: Hari Gini Masih Punya Konflik di Tempat Kerja? Buruan Selesaikan dengan Cara Ini

"Jika Anda seorang pemimpin di tempat kerja, ini juga berlaku bagi Anda, daripada memberikan arahan, cobalah mengajukan pertanyaan untuk membimbing seseorang ke kesimpulan yang benar,” kata Crawford.

Tetap berpikiran terbuka

Tetap berpikiran terbuka adalah keterampilan komunikasi yang sangat penting, terutama untuk karyawan baru.

"Jika seorang karyawan masih baru untuk posisi mereka, penting bagi mereka untuk dapat terhubung dengan rekan kerjanya dan memahami budaya perusahaan dari organisasi," jelas Crawford.

Bagaimana cara melakukannya?

“Terbuka untuk cara-cara baru dalam melakukan sesuatu dan jangan ditutup jika anggota tim baru Anda memiliki proses atau metodologi yang berbeda untuk menyelesaikan tugas daripada yang biasa Anda lakukan,” Crawford menginstruksikan.

Tag: tips - ict, strategi bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel