Rabu, 27 Januari 2021 Portal Berita Entrepreneur

Butuh Uang dan Mau Jual Barang? Enggak Usah Bingung, Ini 4 Alternatifnya

Foto Berita Butuh Uang dan Mau Jual Barang? Enggak Usah Bingung, Ini 4 Alternatifnya
WE Entrepreneur, Jakarta -

Urusan keuangan memang tidak selamanya mulus. Ada kalanya kita merasakan kekurangan dan kesulitan untuk mendapatkan uang tambahan. Jika dalam keadaan seperti itu, terlintas di benak Anda untuk menjual beberapa barang milik Anda yang tidak lagi terpakai, kami tahu di mana tempatnya!

Baca Juga: Simak, 4 Cara Kelola Keuangan di Era Milenial!

Selain menjualnya di startup online, ada empat tempat lainnya yang bisa Anda jadikan referensi. Melansir dari Entrepreneur.com (31/1/2019), simak ulasannya:

Pegadaian

Tempat ini tentu sudah umum di telinga Anda. Atau sudah ada yang pernah menyambanginya untuk menjual barang juga? Jika Anda dalam keadaan darurat dan membutuhkan uang sesegera mungkin, sepertinya tidak ada pilihan yang lebih baik daripada mengunjungi pegadaian.

Meskipun Anda mungkin tidak memiliki permata untuk dijual dan menghasilkan banyak uang, Anda dapat menjual barang-barang yang tidak diinginkan yang memiliki nilai, seperti perhiasan, elektronik, atau koleksi, seperti koin.

Toko barang bekas

Pilihan lainnya adalah menjual barang Anda ke toko barang bekas. Keuntungan utama dari toko barang bekas ini adalah kebanyakan dari mereka fokus pada satu jenis produk. Misalnya, ada toko yang didedikasikan khusus untuk pakaian, buku, alat musik, furnitur, elektronik, barang antik, dan bahkan mobil. Oleh karena itu, mungkin Anda bisa mendapatkan harga yang lebih baik dengan pengiriman daripada Anda menjualnya di toko gadai.

Media sosial

Jika Anda khawatir dengan keamanan proses penjual atau pengemasan barang-barang, Anda bisa menjual barang-barang itu kepada orang yang Anda kenal. Anda dapat mengupload foto barang tersebut di media sosial. Manfaatkan akun media sosial pribadi Anda, baik itu Facebook, Instagram, Snapchat, atau bahkan via grup di WhatsApp dan Line.

Pasar loak

Pilihan selanjutnya adalah Anda dapat menjual barang itu dengan sistem offline, menjajakannya di pasar loak lokal. Anda harus menyewa tempat, tetapi pasar loak adalah tempat yang baik untuk menjual segala sesuatu mulai dari barang bekas hingga barang koleksi. Jika harganya tepat, Anda pasti dapat membongkar semua yang ingin Anda jual. Selain itu, berkat teknologi seperti Square, meskipun Anda menjual secara offline, Anda dapat menerima kartu kredit dan dibayar online.

Tag: Media Sosial (Medsos), Keuangan, Generasi Milenial

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Ricardo Aguilera