Kamis, 26 November 2020 Portal Berita Entrepreneur

Crazy Rich Surabaya, Ini Kiprah Alexander Tedja Hingga Berharta Rp21 T

Foto Berita Crazy Rich Surabaya, Ini Kiprah Alexander Tedja Hingga Berharta Rp21 T
WE Entrepreneur, Jakarta -

Alexander Tedja merupakan konglomerat Indonesia pemilik mal-mal yang tersebar di Tanah Air melalui perusahaannya Pakuwon Group. Hari ini, kekayaan Alexander Tedja berdasarkan Forbes mencapai USD1,45 miliar (Rp21 triliun).

Kekayaan yang dimiliki Komisaris Pakuwon Group ini berasal dari bidang properti dan retail. Untuk diketahui, Pakuwon Group memiliki berbagai pusat perbelanjaan dan kuliner di Surabaya dan Jakarta. Beberapa di antaranya adalah Tunjangan Plaza, Pakuwon Mall, Mall Kota Kasablanka, Gandaria City dan Blok M Plaza.

Baca Juga: Kisah Aburizal Bakrie, Mantan Orang Terkaya RI yang Tertendang Lama dari Daftar Forbes

Sukses di bidang properti, Alexander Tedja dulunya justru memulai bisnis di bidang perfilman lewat PT ISAE Film yang ia dirikan pada tahun 1972. Setelah itu, pada tahun 1977, ia berhasil mendirikan Menara Mitra Cinema Corp hingga mendirikan PT Pan Asiatic Film pada tahun 1991.

Alexander Tedja memulai bisnis properti pada tahun 1982 dengan nama PT Pakuwon Jati Tbk yang kini bernama Pakuwon Group.

Pada era itu, ia membeli tanah di Jalan Basuki Rahmat, Surabaya yang kemudian menjadi tempat berdirinya Plaza Tunjungan I yang menjadi cikal bakal Tunjungan Plaza. Proyek tersebut dimulai pada tahun 1986 dan terus berlanjut menjadi Plaza Tunjungan II, III, IV.

Pada tahun 1989, PT Pakuwon Jati Tbk go public menjadi perusahaan publik dan berhasil menembus Bursa Efek Indonesia dengan kode saham PWON.  Pada tahun 2007, ia mengakuisisi 83,3% saham milik PT Artisan Wahyu, yang merupakan perusahaan pengembang superblok Gandaria City di Jakarta.

Sukses dengan bisnis malnya, Alexander Tedja lalu merambah bisnis properti mulai dari Sheraton Hotel Surabaya, Kondominium, Regensi, dan Menara Mandiri.

Tag: Alexander Tedja, PT Pakuwon Jati Tbk

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Indonesiatatler.com