Kamis, 04 Maret 2021 Portal Berita Entrepreneur

Fokus Bisnis Dapur, Bos Uber Jual Saham Rp10 Triliun

Foto Berita Fokus Bisnis Dapur, Bos Uber Jual Saham Rp10 Triliun
WE Entrepreneur, Jakarta -

Pendiri Uber Travis Kalanick melakukan penjualan sahamnya sebesar US$711 juta atau sekitar Rp10 triliun. Saham tersebut ia jual untuk fokus mengembangkan bisnisnya yang lain, CloudKitchen.

Melansir dari Bloomberg (26/11/2019), Kalanick menjual saham tersebut secara bertahap. Pekan lalu, ia menjualnya sebesar US$547 juta atau sekitar Rp7,6 triliun.

Baca Juga: Waduh!! 2 Pendiri Uber Kompak Jual Jutaan Saham, Ada Apa Tuh?

Bisnis CloudKitchen yang tengah ia garap merupakan startup sektor makanan yang menyewakan dapur-dapur dengan peralatan lengkap. Sebenarnya, Kalanick sudah menanam dana sebesar US$300 juta pada bisnisnya itu.

Arab Saudi juga sudah memberikan dana US$400 juta ke CloudKitchen via Public Investment Fund (PIF). Untuk itu, Menurut Wall Street Journal, valuasi CloudKitchen sekarang mencapai US$5 miliar.

Baca Juga: Kalau Enggak Bisa Luluhkan Hati Investor Publik, Bisnis Uber dan Lyft di Ujung Tanduk!

Setelah menjual sahamnya sebesar Rp10 triliun, Kalanick tetap menyandang status sebagai miliarder karena masih memiliki US$1,9 miliar saham di Uber.

Pasalnya, ketika Uber melakukan IPO pada bulan Mei lalu, Kalanick memiliki 6 persen saham meski saat itu sudah dipecat dari Uber.

Tag: Travis Kalanick, Uber

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Business Insider