Minggu, 07 Maret 2021 Portal Berita Entrepreneur

Kisah Orang Terkaya: Donald Newhouse, Raja Bisnis Media Amerika, Pemilik Majalah Vogue

Foto Berita Kisah Orang Terkaya: Donald Newhouse, Raja Bisnis Media Amerika, Pemilik Majalah Vogue
WE Entrepreneur, Jakarta -

Salah satu orang terkaya di Amerika dan dunia, ialah Donald Newhouse. Ia memiliki Advance Publications, yang didirikan oleh mendiang ayahnya pada tahun 1922. Advance Publications, Inc. adalah perusahaan media yang propertinya termasuk Conde Nast, lusinan surat kabar di seluruh AS, perusahaan kabel Bright House Networks dan saham pengendali di Discovery Communications.

Menurut Forbes, Donald Newhouse diperkirakan memiliki kekayaan bersih USD16,2 miliar atau sekitar Rp227 triliun. Donald pun menjadi miliarder terkaya ke-100 di seluruh dunia.

Samuel Newhouse Sr. adalah ayah dari Donald Newhouse yang lahir pada tahun 1895. Dia adalah seorang pengusaha penyiaran, penerbit surat kabar dan majalah, yang mendirikan Advance Publications pada tahun 1922. Samuel Newhouse Sr. meninggal pada 1979 karena stroke. Pada tahun 1989, ia dimasukkan dalam Junior Achievement US Business Hall of Fame.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Abigail Johnson, Wanita yang Sukses Kelola Reksadana Triliunan Dolar

Setelah ayahnya meninggal, Donald dan saudaranya, yang juga bernama Samuel, mengambil alih kerajaan media S.I. Advance Publications memiliki Conde Nast, majalah yang dipimpin Samuel, serta surat kabar, televisi kabel, dan beberapa outlet hiburan lainnya.

Donald dan istrinya, Susan juga terkenal dalam jagat filantropi. Mereka telah menyumbangkan sejumlah besar uang ke Wellesley College, almamaternya, pada tahun 2004. Perguruan tinggi tersebut menggunakannya untuk mendirikan Susan dan Donald Newhouse Center for the Humanities. Pusat ini menampung seniman, rekan, dan pembicara.

Pada bulan Januari 2020, Donald Newhouse juga mendonasikan USD100 juta kepada S.I Newhouse School of Public Communications di Universitas Alma Mater Syracuse miliknya. Sekolah komunikasi ini dinamai berdasarkan nama ayahnya, Samuel Irving Newhouse Sr.

Tag: Donald Newhouse, Kisah Orang Terkaya

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Twitter/celebritynetworth