Jum'at, 05 Maret 2021 Portal Berita Entrepreneur

Kisah Orang Terkaya: Pierre Omidyar, Pendiri Situs eBay yang Terkenal

Foto Berita Kisah Orang Terkaya: Pierre Omidyar, Pendiri Situs eBay yang Terkenal
WE Entrepreneur, Jakarta -

Pendiri eBay, Pierre Omidyar hari ini adalah salah satu orang terkaya di dunia. Ia mendirikan firma lelang online eBay pada tahun 1995 dan saat ini menjabat sebagai dewan direksi perusahaan. Pada tahun 2002, eBay membeli perusahaan pembayaran online PayPal dan memutarnya pada 2014. Saat ini Omidyar memiliki 5% eBay dan 6% Paypal.

Pierre Omidyar lahir di Paris pada tahun 1967, tetapi pindah ke Baltimore ketika ayahnya memulai kediaman medisnya di Johns Hopkins University Medical Center. Saat remaja, ia sudah tertarik pada komputer dan secara teratur menyelinap keluar dari kelas pendidikan jasmani untuk bermain dengan PC sekolahnya.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: German Larrea Mota-Velasco, Taipan Pertambangan Terbesar di Dunia

Alih-alih menghukum Omidyar karena membolos, kepala sekolah mempekerjakannya untuk menulis program komputer guna mencetak kartu katalog untuk perpustakaan sekolah dengan biaya 6 dollar AS per jam.

Bisnis itu pun sedikit lebih menguntungkan beberapa tahun kemudian ketika saat ia mengambil gelar sarjana dalam ilmu komputer di Tufts University. Ia jugalah yang menulis program untuk membantu programmer Apple Macintosh mengelola memori. Dia mendistribusikannya secara online sebagai "shareware" meminta pengguna untuk membayar sistem honor, tetapi cek yang mengalir masuk hampir menutupi biaya kotak pos yang dia sewa untuk mengambilnya.

Hingga pada tahun 1991, bersama dengan Arnold Blinn, Greg Stein, Will Poole, dan Matt Kursh, Pmodyar mendirikan penghitung pena skala kecil bernama Ink Development. Dua tahun kemudian, pendiri Ink Development mengubah nama perusahaan menjadi eShop, dan mulai memfokuskan pada e-commerce.

Pada 4 September 1995, Omidyar meresmikan sebuah situs internet bernama 'Auction Web', yang memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual barang secara online.

Dalam kurun waktu satu tahun, pengusaha brilian itu pun memperoleh izin untuk menjual tiket pesawat di situs tersebut. Pada tahun 1996, dia juga mempekerjakan insinyur ahli, Jeffrey Skoll, untuk bekerja dengannya di 'Auction Web'.

Pada tahun 1997, Auction Web diubah namanya menjadi eBay, setelah pilihan awal echobay sudah digunakan. Selama periode yang sama, lelang barang yang dijual telah mencapai rata-rata 800.000 per hari.

Tahun berikutnya, pengusaha kompeten lainnya dipekerjakan sebagai Chief Executive Officer untuk eBay. Bisnis 'eBay' terus unggul, membawa pulang miliaran untuk semua pendiri situs web tersebut.

Pada tahun 2004, bersama istrinya, Pamela, ia mendirikan Omidyar Network, yang membantu usaha kecil untuk membawa perubahan bagi masyarakat dengan menyediakan dana bagi mereka.

Omidyar juga menaruh minat yang besar pada media digital dengan memperkenalkan Honolulu Civil Beat, sebuah situs berita pada tahun 2010. Sejak itu Honolulu Civil Beat telah memenangkan penghargaan Situs Berita Terbaik selama tiga tahun berturut-turut.

Pada 2013, Omidyar mendirikan weblog Huffpost Hawaii yang merupakan hasil kolaborasi antara Huffington Post, dan Honolulu Civil Beat.

Pada 10 Februari 2014, pengusaha sukses itu mendirikan perusahaan jurnalistik bernama, First Look Media dan anak perusahaannya, The Intercept yang menyampaikan berita online. Organisasi tersebut terdiri dari jurnalis terkenal seperti Glenn Greenwald, Dan Froomkin, Jeremy Scahill, dan Laura Poitras.

Dari banyaknya bisnis yang Omidyar dirikan, ia mengakui yang paling sukses adalah eBay. Namun belakangan ini, telah menghasilkan miliaran dolar, dan juga meluncurkan anak perusahaan seperti Half.com, Kijiji, dan StubHub. Berdasarkan catatan Forbes Real Time Net Worth, hari ini harta kekayaan Pierre Omidyar mencapai USD21,8 miliar atau setara dengan Rp307 triliun. (kurs Rp14.108)

Tag: Pierre Omidyar, Kisah Orang Terkaya

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Twitter/LaurisBergs