Sabtu, 06 Maret 2021 Portal Berita Entrepreneur

Makan di Pinggir Jalan hingga Sepatu Jebol, Keluarga Bos Djarum Biasa Hidup Sederhana

Foto Berita Makan di Pinggir Jalan hingga Sepatu Jebol, Keluarga Bos Djarum Biasa Hidup Sederhana
WE Entrepreneur, Jakarta -

Keluarga Hartono sebagai pemilik Djarum Group adalah keluarga terkaya di Indonesia. Meski demikian, sikap sederhana mereka kerap kali mendapat sorotan. Padahal, menurut data Forbes Real Time Net Worth, harta kekayaan Budi Hartono mencapai USD21 miliar atau Rp292 triliun. Sementara saudaranya, Michael Hartono hartanya mencapai USD20,2 miliar atau Rp281 triliun. (kurs Rp13.944)

Seperti pada akhir tahun 2019 lalu, Michael Hartono atau pemilik nama lengkap Michael Bambang Hartono disorot karena mampir di warung makan sederhana yaitu Tahu Pong Karangsaru di Semarang.

Baca Juga: Pandemi Hantam Bisnis Penerbangan, Bos Lion Air Terhempas dari Daftar Orang Kaya Forbes

Bos besar Group Djarum dan Bank BCA ini bahkan tampak begitu menikmati sajian di tengah masyarakat umum, dengan baju kaus bahkan tanpa penjagaan khusus. Karena viral, salah satu bos BCA, Jahja Setiaatmadja membenarkan bahwa Bambang Hartono kerap makan di warung sederhana tersebut.

Pernah suatu ketika, Bambang Hartono mengungkap makanan favoritnya yaitu sop kaki kambing, sate kambing hingga sate ayam. Bahkan, ia menyebut bisa memakan seminggu sekali.

"Sop kaki kambing, sate kambing, sate ayam, waduh udah. Seminggu paling sedikit sekali," ungkap Bambang Hartono.

Tak hanya Bambang Hartono, bahkan keponakannya yakni Armand Wahyudi Hartono yang merupakan putra bungsu Budi Hartono ini juga sama sederhananya. Meski terlahir kaya raya, tetapi Armand tak ingin menghamburkan uang.

Armand biasa berhemat. Khususnya dalam menggunakan uang serta fasilitas yang dimilikinya.

"Saya selalu berusaha hemat. Mulai dari hal kecil seperti listrik, kita bisa saving. Nyalain AC sebentar saja. Kalau sudah dingin, begitu mau tidur, AC kita matikan. Kan yang paling penting pas mau tidur saja, di tengah-tengah panas dikit tidak apa-apalah," ujar Armand sewaktu ketika.

Bahkan, Armand pernah memakai sepatu yang dilakban karena sepatunya tiba-tiba rusak di perjalanan.

"Prepare for anything. Apa pun bisa terjadi, sepatu tua tiba-tiba sobek di perjalanan, untung ada lakban," kata Armand dalam salah satu unggahan di akun Instagram-nya.

Kesederhanaan mereka patut dicontoh ya!

Tag: Robert Budi Hartono, Michael Hartono, PT Djarum Group

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Forbes