Kamis, 01 Oktober 2020 Portal Berita Entrepreneur

Panutan, Mantan Orang Terkaya Ini Hanya Pakai Baju Murah Meriah

Foto Berita Panutan, Mantan Orang Terkaya Ini Hanya Pakai Baju Murah Meriah
WE Entrepreneur, Jakarta -

Pengusaha China yang pernah menjadi orang terkaya di Negeri Tirai Bambu, Zong Qinghou memiliki gaya hidup yang patut dijadikan panutan. Zong Qinghou merupakan pendiri Wahana Group yang bergerak di bidang minuman ringan terbesar di China.

Berdasarkan data dari Forbes, Zong Qinghou pernah menjadi orang terkaya di China pada tahun 2012. Namun, posisinya turun pada tahun 2013 hingga saat ini.

Baca Juga: Bayar Utang, Mantan Orang Terkaya China Jual Gedung Pencakar AS

Zong Qinghou tak langsung menjadi sosok yang kaya raya. Ia sempat hidup dalam kemiskinan hingga mencoba untuk berjualan minuman.

Meski telah sukses sebagai miliarder, ia tak mengubah gaya hidupnya yang sederhana. Ia hanya menghabiskan USD20 (Rp290ribu) per hari.

Ia juga hanya memakai busana-busana berwarna pucat atau basic dan sneakers biasa untuk alas kakinya. Dalam sebuah wawancara terungkap, ia bahkan hanya membeli baju yang murah, meskipun uangnya melimpah.

"Orang-orang tidak bisa tahu apakah aku memakai baju berharga ribuan atau ratusan, jadi kenapa aku harus menghabiskan uangku untuk baju?" katanya.

Kesederhanaan Zong tak hanya sampai di situ saja. Ia bahkan lebih suka makan di kantin bersama para karyawannya.

Dalam etos kerjanya, Zong Qinghou selalu mengatakan pada karyawan tentang pentingnya kerja keras untuk meraih kesuksesan dalam hidup. Menurutnya hanya kerja keras yang bisa mengangkat seseorang dari kemiskinan.

"Kalau kamu memberikan uang kepada orang miskin, mereka hanya akan menghabiskannya," begitu ucapnya.

Tag: Zong Qinghou

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Financial Times