Minggu, 12 Juli 2020 Portal Berita Entrepreneur

Pesan Bang Sandi: Usaha UMKM Harus Beradaptasi saat New Normal

Foto Berita Pesan Bang Sandi: Usaha UMKM Harus Beradaptasi saat New Normal
WE Entrepreneur, Jakarta -

Founder OK OCE Indonesia, Sandiaga Uno memberikan tips kepada UMKM terdampak pandemi virus corona atau Covid-19.

Dalam webinar bertajuk Strategi Adaptif UMKM ditengah pandemi, Minggu, (17/5), juga dihadiri oleh Ketua OK OCE Indonesia, Iim Rusyamsi, dan Ketua Tangan Di Atas (TDA) Kediri, Anjar Setyanto.

"UMKM yang usahanya terdampak bisa melakukan peralihan produk yang ditawarkan. Seperti cobalah untuk menjual masker, saya banyak sekali melihat modifikasi masker saat ini, madu untuk meningkatkan imunitas, cairan disinfektan, layanan antivirus, webcam, dan bisa juga menyajikan jasa seputar training penggunaan sosial media khususnya zoom atau layanan meeting online lainnya," ucapnya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/5/2020).

Baca Juga: Sandiaga: Krisis saat Ini Berbeda dari 1997-1998, UMKM Paling Babak Belur

Sementara itu, Ketua TDA Kediri, Anjay Setyanto juga melakukan pengembangan dalam bentuk pemasarannya yakni aksi Beli TDA.

“Anggota TDA kan banyak sekali pelaku ukm, jadi saat corona ini banyak yang usahanya terhenti, maka kita buat prgram namanya Beli TDA, anggota membeli produk yang dijual oleh pelaku ukm sesama anggota TDA,” ungkap Anjar. 

Sambung Sandi, ia juga membagikan tipsnya berdasarkan pengalaman pribadinya. "Pada krisis 97 saya mengalami PHK dan harus kembali kerumah orang tua dan saya memulai kembali dari nol. Semoga tips dari saya bisa berguna bagi pelaku UMKM yang terdampak" tutupnya.

Tag: Sandiaga Salahuddin Uno, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Virus Corona, Oke Oce

Penulis: Redaksi

Editor: Vicky Fadil

Foto: OK OCE