Kamis, 04 Juni 2020 Portal Berita Entrepreneur

Tutup Seluruh Gerai karena Corona, Begini Sejarah Singkat Berdirinya Matahari Department Store

Foto Berita Tutup Seluruh Gerai karena Corona, Begini Sejarah Singkat Berdirinya Matahari Department Store
WE Entrepreneur, Jakarta -

Wabah virus corona berdampak kepada pengusaha ritel di Indonesia. Salah satunya, PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) yang menutup seluruh gerainya di Indonesia selama 14 hari mulai Senin (30/3). Penutupan akan berlangsung sampai Senin (13/4) mendatang.

Selain menutup sementara seluruh gerainya, manajemen Matahari Department Store juga menarik rekomendasi pembayaran dividen sebelumnya dan menangguhkan semua pembayaran dividen pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) mendatang.

Baca Juga: Tau Gak? Harga Saham Matahari Sudah Terdiskon Hampir 50% Lho

Biar tidak bosan di rumah aja, yuk simak sejarah singkat Matahari Department Store yang menjadi tempat belanja favorit banyak keluarga!

PT Matahari Department Store Tbk memiliki sejarah yang panjang dalam dunia ritel Indonesia. Mereka memulai perjalanan usahanya pada tanggal 24 Oktober 1958 dengan membuka gerai pertama berupa toko fashion anak-anak di daerah Pasar Baru Jakarta.

Baru lah pada 1972 membuka department store modern di Indonesia. Matahari berkembang dan membuka gerai pertama di luar Jakarta, yakni Bogor pada 1980. Kini Matahari didukung oleh 1.200 pemasok lokal dan internasional. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang ada di Indonesia.

Di tahun 2009, Matahari Department Store menjadi sebuah entitas yang terpisah dari PT Matahari Putra Prima Tbk (MPP). Kemudian namanya diubah menjadi PT Matahari Department Store Tbk (Matahari).

Selanjutnya di tahun 2010, Matahari diakusisi PT. Meadow Indonesia (MI). Lalu pada 2011, Matahari dan MI bergabung menjadi satu yang mana Matahari menjadi surviving entity. Pada semester I-2013 perusahaan ini mencetak kenaikan laba bersih sebesar 68,3% menjadi Rp165 miliar.

Sampai saat ini Matahari Department Store telah mengoperasikan 155 gerai yang tersebar di 74 kota di seluruh Indonesia, dengan luas ruang hampir satu juta meter persegi dan telah mengembangkan kehadirannya dalam dunia online melalui MatahariStore.com.

Dengan perjalanan usaha yang telah dibangun selama 60 tahun, Matahari senantiasa menyediakan pilihan fashion dengan trend terkini untuk kategori pakaian dan mode.

Tag: PT Matahari Department Store Tbk, MatahariMall.com, Virus Corona, COVID-19

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya