Kamis, 04 Juni 2020 Portal Berita Entrepreneur

Sumbang Seluruh Gaji dan Tunjangan, Ini Sosok Rachmat Gobel Sang Pengusaha yang Jadi Pimpinan DPR

Foto Berita Sumbang Seluruh Gaji dan Tunjangan, Ini Sosok Rachmat Gobel Sang Pengusaha yang Jadi Pimpinan DPR
WE Entrepreneur, Jakarta -

Rachmat Gobel yang merupakan Mantan Menteri Perdagangan (Mendag) era Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode pertama dikabarkan mendonasikan seluruh gaji dan tunjangannya sebagai Wakil Ketua DPR untuk membantu pemerintah melawan virus corona (COVID-19).

Hal tersebut dilakukan Rachmat Gobel lantaran empati melihat kondisi bangsa, sekaligus seruan moral kepada seluruh pihak untuk bahu membahu menghentikan corona.

Baca Juga: Jokowi Lawan Corona Pakai Darurat Sipil, Gerindra: Bapak Mau Lari dari Tanggung Jawab?

Donasi itu akan disalurkan secara rutin setiap bulannya. Dari keseluruhan Jumlah take home pay yang didonasikan, sebagian untuk akan dialokasikan guna menunjang program Nasdem Peduli Covid 19 dan sebagian lagi untuk membantu kebutuhan aksi memutus penyebaran covid 19 di daerah pemilihannya di Gorontalo.

Rachmat Gobel merupakan generasi kedua dari keluarga Gobel yang sempat menjadi Menteri Perdagangan di era Presiden Joko Widodo. Kini, pria kelahiran 3 September 1962 menduduki Wakil Ketua DPR RI.

Ia merupakan anak kelima dari putra laki-laki pertama pasangan Alm. Drs. H. Thayeb Mohammad Gobel dan Almh. Annie Nento Gobel. Rachmat Gobel menikah dengan Retno damayanti dan telah dikaruniai dua orang anak, bernama Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani dan Mohammad Arif Gobel.

Sewaktu kecil, Rachmat pernah diminta oleh ayahnya untuk mengikuti latihan di pabrik seharian penuh. Dari situlah Rachmat mengerti dunia usaha. Tahun 1981, usai lulus SMA ia melanjutkan kuliahnya di Chuo University Jepang jurusan Perdagangan Internasional.

Berawal dari situlah kemudian Kelompok Usaha Gobel memiliki rekan utama bisnis dengan Panasonic Group. Tahun 1989 Rachmat kembali ke Indonesia dan menduduki posisi Asisten Presiden Direktur PT National Gobel yang kini menjadi PT. Panasonic manafacturing Indonesia yang diembannya sebagai Komisaris Utama sejak tahun 2004.

Pada  tahun 2002, Ketua Umum Kadin Indonesia yang ketika itu dipegang oleh Aburizal Bakrie mempercayai Rachmat Gobel untuk duduk sebagai Ketua Kadin Indonesia Bidang Industri Logam, Mesin, Kimia dan Elektronika.

Sejak saat itu ia banyak melakukan kunjungan ke sentra industri di berbagai daerah. Kunjungan tersebut dilakukan untuk mencari permasalahan yang terjadi dan berusaha mencari solusi. Berkat kepeduliannya ini, Rahmat memiliki track record apik di bidangnya.

Rachmad Gobel pun sempat dipilih Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Perdagangan dalam Kabinet Kerja Periode 2014 - 2019. Ia merupakan salah satu menteri yang dipilih dari perwakilan profesional.

Sayang, setahun sebagai menteri harus terhenti karena ada reshuffle kabinet. Posisinya diisi oleh Thomas Trikasih Lembong. Kini, Rachmat Gobel menduduki posisi Wakil Ketua DPR RI.

Tag: Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Rachmat Gobel, Virus Corona, COVID-19

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Warta Ekonomi