Kamis, 02 April 2020 Portal Berita Entrepreneur

Keren! Miliarder Ini Minta Semua Pengusaha Ikut Gerakan '90 Hari Tanpa PHK Karyawan'

Foto Berita Keren! Miliarder Ini Minta Semua Pengusaha Ikut Gerakan '90 Hari Tanpa PHK Karyawan'
WE Entrepreneur, Jakarta -

CEO Salesforce Marc Benioff meminta para CEO dunia lainnya untuk mengambil tindakan 90 hari tanpa PHK karyawan sebagai bagian dari rencana untuk mengakhiri krisis virus corona.

Marc Benioff diketahui telah membuat 8 rencana untuk mengakhiri krisis virus corona ini dalam Twitternya.

Baca Juga: Ya Ampun Nyeri Banget, Virus Corona Bikin Investasi Miliarder Ini Rugi Rp1.176 Triliun!

Rencana Benioff, termasuk langkah-langkah untuk menghentikan penyebaran penyakit virus corona (COVID-19) yang telah mendatangkan malapetaka pada ekonomi global saat pemerintah di seluruh dunia menutup bisnis untuk menekan penyebaran virus. Akibatnya adalah meningkatnya pengangguran. Seperti pekan lalu, pengangguran di AS melonjak ke level tertinggi selama dua tahun terakhir.

Benioff sendiri janji bahwa perusahaannya, Salesforce tidak akan melakukan PHK "signifikan". Benioff telah lama lantang pada isu-isu sosial dan politik.

Adapun langkah pertama dalam rencana Benioff adalah agar setiap orang tinggal di rumah selama 20 hari. Langkah Benioff selanjutnya yakni berfokus pada penanganan masalah medis dan keselamatan yang ditimbulkan oleh virus corona.

Saat ini, rumah sakit di seluruh dunia menghadapi kekurangan masker dan alat pelindung lainnya, seperti sarung tangan, yang dibutuhkan petugas kesehatan di garis depan untuk menjaga diri mereka tetap sehat saat mereka merawat pasien.

Benioff mendesak pemerintah dan perusahaan untuk membangun rantai pasokan untuk peralatan pelindung dan meningkatkan produksi obat-obatan terapeutik.

Selanjutnya, Benioff disebutkan mendesak agar mempercepat pembuatan vaksin COVID-19. Vaksin biasanya memakan waktu bertahun-tahun untuk dibuat, tetapi banyak organisasi bekerja secepat mungkin untuk menghentikan penyebaran penyakit ini.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) ada sekitar 40 vaksin virus corona yang sedang dikembangkan saat ini. Dia juga meminta setiap CEO untuk berjanji 90 hari tidak memberhentikan karyawan.

Sebagaimana diketahui, dalam beberapa minggu terakhir PHK telah dimulai, khususnya dalam industri perjalanan dan perhotelan. Presiden Trump pada Senin lalu mengatakan bahwa ia ingin memulai kembali ekonomi AS untuk mencegah kehilangan pekerjaan.

Salesforce sendiri telah melakukan sejumlah hal untuk membantu mengurangi krisis. Perusahaan ini juga menyumbangkan USD 1,5 juta ke San Francisco untuk mendukung tanggapannya terhadap krisis virus corona.

Berikut 8 rencana yang digaungkan Marc Benioff di Twitternya:

1. Tinggal di rumah selama 20 hari

2. Beli masker dan bangun sistem manajemen rantai pasokan APD

3. Dapatkan obat-obatan

4. Mempercepat vaksin

5. Cari tahu siapa yang terinfeksi dan amankan

6. Tes semua orang

7. Seluruh CEO ambil gerakan 90 hari tanpa PHK

8. Sayangi semua orang

 

Tag: Marc Benioff, Salesforce, Virus Corona, COVID-19

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: INC