Jum'at, 16 April 2021 Portal Berita Entrepreneur

5 Fun Facts Mendiang Ciputra, Jasanya Akan Dikenang Sepanjang Masa!

Foto Berita 5 Fun Facts Mendiang Ciputra, Jasanya Akan Dikenang Sepanjang Masa!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Berpulangnya Ir. Ciputra, pengusaha properti ulung Tanah Air menyisakan duka yang mendalam. Segala jasanya di bidang properti akan terkenang sepanjang masa.

 

Ciputra yang akrab disapa Pak Cik ini sosok yang pekerja keras dan tak kenal menyerah. Ia jatuh miskin setelah ditinggal meninggal ayahnya. Kemiskinan yang menyelimutinya tak menjadi penghalang bagi Ciputra untuk terus menorehkan prestasi.

Pak Cik dikenal sebagai pengusaha properti sukses dengan portofolio bisnis, seperti Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group.

Baca Juga: Kala Ciputra di Ambang Kebangkrutan: Kapal Kami Telah Karam, Meski Belum Tenggelam

Selain itu, ia dikenal sebagai seorang filantropis dan berkiprah di bidang pendidikan dengan mengembangkan sekolah dan Universitas Ciputra.

Sebagai salah satu tokoh yang banyak menorehkan prestasi, berikut fun facts Pak Cik yang unik dan juga membanggakan:

1. Orang Indonesia pertama yang terpilih sebagai Ketua Federasi Internasional Asosiasi Real Estate (FIABCI) (1989-1990)

Pria kelahiran Sulawesi, 24 Agustus 1931 ini merupakan orang pertama yang menjabat sebagai Ketua Federasi Internasional Asosiasi Real Estate. (FIABCI). Ia menjabat sebagai ketua dalam periode 1989-1990.

2. Founders Ikatan Arsitek Indonesia, Asosiasi Real Estate Indonesia (REI), dan Asia Pacific Real Estate Foundation (APREF)

Selanjutnya, Ciputra juga merupakan penemu organisasi hebat yang berbau properti. Ada tiga organisasi yang masih berjaya hingga saat ini, yakni Ikatan Arsitek Indonesia, Asosiasi Real Estate Indonesia (REI), dan Asia Pacific Real Estate Foundation (APREF).

Baca Juga: Ciputra Tutup Usia, Simak Lika-Liku Hidupnya dari Melarat Hingga Jadi Konglomerat

3. Mendapatkan rekor MURI sebagai orang yang meraih penghargaan terbanyak dalam bidang real estate

Saking andalnya di bidang properti, Ciputra berhasil menggaet rekor MURI sebagai orang yang meraih penghargaan terbanyak dalam bidang real estate.

Mendiang juga mendapatkan penghargaan berupa penyelenggaraan pelatihan kewirausahaan kepada dosen terbanyak. Ciputra melalui Universitas Ciputra Entrepreneurship Center (UCEC) telah memberikan pelatihan entrepreneurship kepada setidaknya 1.600 dosen.

4. Hanya memiliki sat sepatu: New Balance hitam

Mengutip dari berbagai sumber, Sang Cucu, Cipta Ciputra Harun mengungkapkan bahwa kakeknya itu tidak pernah memikirkan fesyen. Meski hidup dengan bergelimang harta, Ciputra hanya memiliki sepasang sepatu yang selalu ia pakai ke mana-mana, yakni New Balance warna hitam.

Baca Juga: Pendiri Ciputra Group Tutup Usia, Warganet Kenang Sosoknya: Suka Bawa Nasi Timbel Kalau Lagi . . . .

5. Senang membawa nasi timbel saat rapat

Salah satu warganet pengguna Facebook bernama Sri Fajar mengenang sosok Ciputra yang rendah hati. Saat berbincang dan duduk bersama di forum-forum Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Ciputra selalu membawa bekal nasi timbel. Ia mengungkapkan, akan selalu mengenang kebaikan dan kesederhanaan mendiang Ciputra.

Tag: Ciputra, Kisah Sukses

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Sufri Yuliardi