Rabu, 24 April 2024 Portal Berita Entrepreneur

Ciptakan Pasar, Pegadaian dan PNM Gelar Bazar UMKM untuk Indonesia

Foto Berita Ciptakan Pasar, Pegadaian dan PNM Gelar Bazar UMKM untuk Indonesia
WE Entrepreneur, Jakarta -

Memberikan ruang bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaannya, PT Pegadaian bersama dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menghelat bazar UMKM. 

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan mengatakan, acara tersebut bertujuan untuk memfasilitasi para pelaku UMKM binaan Pegadaian dan PNM dari berbagai daerah agar bisa memperkenalkan produk buatan mereka.

Damar menyebut bahwa perseroan akan terus mendukung para pelaku usaha UMKM untuk dapat naik kelas, salah satunya dengan mengadakan pameran atau bazar seperti Bazar UMKM untuk Indonesia ini.

Baca Juga: Dorong Kesempatan Ekspor Bagi UMKM, Peruri Ajak Mitra Binaan Pamerkan Produknya di Singapura 

Adapun kegiatan Bazar UMKM untuk Indonesia 2023 diadakan di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat selama empat hari dimulai sejak 6-9 April 2023.

“Tidak hanya empat hari ini saja, tapi selama berdiri Pegadaian akan terus menjalankan komitmennya untuk memberi dukungan terhadap pelaku UMKM agar mampu naik kelas dan berdaya saing. Penyelenggaraan Bazar UMKM ini bisa menjadi wadah bagi mereka untuk unjuk gigi memamerkan produk yang dihasilkan untuk dijual dan dikenal oleh masyarakat,” ujar Damar saat ditemui, Kamis (6/4/2023).

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting berharap acara ini dapat memberikan manfaat bagi para pelaku usaha untuk bisa kembali bergeliat.

Menurutnya, melalui kegiatan ini, Kementerian BUMN bersama perusahaan BUMN ingin menunjukkan baktinya untuk negeri melalui pengembangan dan pemberdayaan UMKM.

“Sejalan dengan program pemulihan ekonomi nasional, kami hadir di acara Bazar UMKM untuk Indonesia hari ini, untuk memfasilitasi dan memberikan akses yang lebih luas bagi UMKM dalam memasarkan produknya baik offline maupun online. Dengan begitu, para pelaku usaha dapat kembali bergerak bersama untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional,” ujar Loto. 

Direktur Perencanaan Strategis & Keuangan PNM Ninis Kesuma Adriani menyebut, alasan PNM bersama dengan Pegadain ataupun Kementerian BUMN melaksanakan Bazar UMKM dikarenakan kendala utama dari pelaku usaha mikro adalah terkait pemasaran. 

"Bazar itu salah satu hal penting, di mana salah satu kendala daripada UMKM (ialah) pemasaran. Makanya ada bazar," ujar Ninis. 

Ninis mengatakan, bazar ini dapat terselenggara berkat adanya kerja sama dengan beberapa pihak terkait mulai dari Pegadaian, Kementerian BUMN, Sarinah, dan PNM. 

"Biasanya kami bersama-sama di wilayah-wilayah, sehingga mereka (UMKM) terbantu," ujarnya.

Tag: Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), PT Permodalan Nasional Madani (Persero) (PNM), PT Pegadaian (Persero)

Penulis: Djati Waluyo

Editor: Rosmayanti

Foto: Djati Waluyo