Minggu, 21 Juli 2024 Portal Berita Entrepreneur

Dorong Digitalisasi UMKM, Grab Indonesia Jalin Kolaborasi Dengan SRCIS

Foto Berita Dorong Digitalisasi UMKM, Grab Indonesia Jalin Kolaborasi Dengan SRCIS
WE Entrepreneur, Jakarta -

Dalam upaya untuk melanjutkan komitmen jangka panjang Grab untuk mendorong digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), Grab Indonesia menggandeng PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) melalui kolaborasi yang memungkinkan berbagai layanan digital dari ekosistem Grab dan OVO terintegrasi dengan aplikasi AYO SRC yang merupakan platform ekosistem digital dari Sampoerna Retail Community (SRC).

"Kerja sama ini didasari oleh kesamaan misi antara Grab dan PT SRCIS untuk mendorong manfaat digitalisasi agar dapat dinikmati berbagai lapisan masyarakat Indonesia. Kolaborasi strategis ini merupakan bagian dari upaya untuk mendorong pencapaian target pemerintah dalam mendigitaliasi 30 juta UMKM pada tahun 2024. Mitra SRC kini dapat memanfaatkan layanan digital dari ekosistem Grab meliputi layanan pengantaran GrabExpress, penjualan berbagai produk digital, serta ketersediaan QRIS OVO di toko kelontong SRC," tutur Director of Grab for Business Grab Indonesia Roy Nugroho seperti dikutip dari media rilis pada Jumat (3/2/2023).

Sebelumnya, Grab Indonesia dan SRCIS telah melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) pada Selasa, 31 Januari 2023 untuk kemitraan strategis digitalisasi UMKM melalui layanan QRIS OVO di toko kelontong SRC dan layanan pengantaran GrabExpress di aplikasi AYO SRC.

Baca Juga: Dongkrak Ekonomi UMKM, Heru Budi Hartono dan Grab Siap Berkolaborasi: Sukses Jakarta untuk Indonesia

Penandatangan nota kesepahaman dilakukan oleh Director of Grab for Business Grab Indonesia Roy Nugroho mewakili Grab Indonesia dan Direktur PT SRC Indonesia Sembilan Rima Tanago mewakili SRCIS dengan disaksikan oleh Direktur Penjualan PT HM Sampoerna Tbk Ivan Cahyadi, Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi, dan CEO OVO Jaygan Fu.

Melalui kolaborasi ini, kedua pihak berharap dapat membantu UMKM toko kelontong semakin berdaya saing dan terus memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian di daerah masing-masing. Pada akhir tahun 2022, sebanyak lebih dari 225.000 UMKM toko kelontong di seluruh Indonesia telah bergabung dengan jaringan retail terbesar SRC.

SRC merupakan Toko Kelontong Masa Kini yang tergabung dalam program pembinaan kemitraan PT SRC Indonesia Sembilan yang merupakan bagian dari PT HM Sampoerna Tbk di mana program bertujuan untuk meningkatkan daya saing pemilik toko kelontong melalui pendampingan usaha yang berkelanjutan.

Dengan kemitraan strategis yang terjalin bersama Grab Indonesia, toko kelontong yang tergabung dalam SRC untuk pertama kalinya dapat menawarkan layanan pengantaran pihak ketiga untuk mengirimkan belanjaan ke rumah konsumen melalui aplikasi AYO SRC dengan menggunakan layanan GrabExpress, yang diharapkan dapat memperluas jangakuan usaha para mitra toko kelontong SRC.

Tidak hanya itu, berbelanja cashless menggunakan QRIS OVO juga sejalan dengan program untuk peningkatan inklusivitas keuangan pelaku UMKM.

"Kolaborasi dengan Grab ini merupakan bukti nyata upaya kami untuk terus mengembangkan potensi UMKM toko kelontong di seluruh Indonesia agar dapat semakin naik kelas. Ke depan, kami akan terus melakukan inovasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak agar dapat memberikan dampak positif bagi UMKM toko kelontong secara menyeluruh. Selain itu, untuk pemilik Toko SRC sendiri, saya berharap kolaborasi dengan Grab ini mampu meningkatkan pelayanan digital kepada konsumen sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat secara lengkap," ujar Rima Tanago selaku Direktur PT SRC Indonesia Sembilan.

Tag: Grab, PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS), Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Penulis: ***

Editor: Rosmayanti

Foto: Grab