Tokopedia mencatat terdapat 12 juta penjual yang bergabung di platformnya hingga sejauh ini. Dari jumlah tersebut, hampir 100% di antaranya berasal dari kalangan UMKM.
Menimbang hal tersebut, Tokopedia membagikan tips bisnis memulai usaha rumahan dengan modal kecil. Dengan tips ini, diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk aktif membangun bisnis tanpa takut terkendala modal.
Tips Memulai Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil
Tokopedia merangkum lima tips utama yang dapat diterapkan oleh masyarakat untuk membangun bisnis rumahan mereka. Kelima tips tersebut ialah sebagai berikut.
Baca Juga: Dongkrak Ekonomi UMKM, Heru Budi Hartono dan Grab Siap Berkolaborasi: Sukses Jakarta untuk Indonesia
1. Pastikan ada peminat produk dengan meninjau produk terlaris
Masyarakat yang ingin memulai bisnis rumahan perlu mencari tahu produk yang tengah diminati. Untuk dapat mengetahui hal tersebut, masyarakat dapat memanfaatkan fitur Wawasan Pasar di Tokopedia Seller.
Fitur Wawasan Pasar memberikan informasi soal kondisi pasar, produk terlaris di platform Tokopedia, dan kata kunci yang marak dicari berdasarkan wilayah dan kategori.
"Pelajari juga tren produk terlaris. Di Tokopedia, Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Elektronik, dan Fesyen menjadi kategori terlaris di 2022," jelas Maisyalina Agustiana, Growth Marketing Senior Lead Tokopedia, dalam keterangan tertulis, Rabu (11/1/2023).
2. Pelajari profil calon pembeli
Setelah menentukan produk yang akan dijual dan memahami mengenai kondisi pasar, tentukan siapa saja konsumen sasaran dari produk tersebut. Dengan menentukan target pasar, calon pelaku usaha dapat lebih mudah menentukan strategi pemasaran.
"Fitur Wawasan Pembeli di aplikasi Tokopedia Seller membantu penjual untuk mengetahui profil pembeli, seperti umur, jenis kelamin dan lokasi sehingga memudahkan pelaku usaha dalam menentukan strategi berjualan," tambah Maisyalina.
3. Buat konten menarik di media sosial sebagai ajang promosi
Sinergi pemanfaatan media sosial yang tepat dapat membantu meningkatkan awareness toko dan produk di e-commerce. Misalnya, buat konten media sosial yang unik dan bisa menjadi ciri khas penjual. Perhatikan tren yang sedang banyak digandrungi masyarakat di media sosial.
"Buatlah live video streaming juga lewat Tokopedia PLAY untuk membangun interaksi dengan calon pembeli. Pertimbangkan live streaming saat peluncuran produk baru, pemberian tutorial penggunaan produk, hingga mengadakan kuis atau giveaway," tambah Maisyalina.
4. Pertimbangkan bangun tim untuk menunjang bisnis
Kehadiran tim dapat mendorong produktivitas usaha. Bagi UMKM dengan usaha rumahan modal kecil, jangan ragu untuk meminta bantuan dari keluarga atau rekan terdekat. "Para pelaku usaha bisa menggunakan fitur Admin Toko di aplikasi Tokopedia Seller yang dapat membantu mengelola toko dengan aman lewat berbagai pilihan peran yang bisa diberikan ke admin toko," jelas Maisyalina.
5. Lakukan performance marketing sesuai kebutuhan
Performance marketing, salah satu contoh strategi pemasaran online, di mana penjual dapat mengeluarkan anggaran untuk mencapai suatu tujuan, misalnya menarik lebih banyak calon pembeli.
"Contohnya, pegiat usaha bisa menggunakan fitur beriklan otomatis TopAds agar produknya tampil teratas di halaman Tokopedia. Cukup dengan modal kecil, yaitu mulai dari Rp250 per klik, penjual bisa menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan," tutup Maisyalina.