Sabtu, 25 Mei 2024 Portal Berita Entrepreneur

Program Akselerasi Bisnis Perempuan Gagasan Tjufoo & Stellar Woman Dapat Dukungan dari 3 Kementerian

Foto Berita Program Akselerasi Bisnis Perempuan Gagasan Tjufoo & Stellar Woman Dapat Dukungan dari 3 Kementerian
WE Entrepreneur, Jakarta -

Perempuan memiliki peran yang begitu besar dalam menyokong pertumbuhan perekonomian nasional. Sebuah data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2021 menunjukkan bahwa 64,5% dari total lebih dari 60 juta UMKM di Indonesia dikelola oleh perempuan.

Namun meskipun peran mereka cukup signifikan, rupanya para pebisnis perempuan atau womanpreneur seringkali masih menghadapi banyak tantangan, termasuk dalam akses permodalan, akses pengembangan keterampilan, sampai tata kelola perusahaan dan pemasaran.

Untuk itu, sebagai upaya perwujudan komitmen kepedulian dan upaya mendorong kesetaraan peluang dan kesempatan bagi womanpreneur untuk dapat mengembangkan dan menumbuhkan bisnisnya, Tjufoo sebagai first brand aggregator di Indonesia berkolaborasi bersama dengan platform community Stellar Woman menghadirkan program Akselerasi Bisnis (AKSI) Perempuan.

Baca Juga: Tjufoo Gandeng Stellar Woman Wujudkan Program AKSI Perempuan

"Tjufoo bersama dengan Stellar Woman menghadirkan AKSI Perempuan sebagai wujud kepedulian dan upaya mendorong kesetaraan peluang dan kesempatan bagi womanpreneur dalam memperkuat fundamental bisnis mereka, membentuk skalabilitas yang jelas untuk mengukur peluang pasar, menentukan tujuan untuk proses identifikasi merek, dan juga merancang strategi bisnis yang kuat untuk menjawab berbagai tantangan," tutur TJ Tham, CEO & Co-Founder Tjufoo dalam konferensi kick-off Akselerasi Bisnis (AKSI) Perempuan pada Kamis (22/9/2022).

Turut hadir memberikan sambutan mewakili Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM RI Siti Azizah setuju bahwa eksistensi peempuan memiliki peranan yang penting tidak hanya bagi keluarga, namun juga untuk negara.

"Kami tentunya sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk komitmen dan dukungan bagi Tjufoo bersama Stellar Woman untuk menuntaskan kesetaraan gender melalui pemberdayaan perempuan dalam bisnis dan wirausaha," ujar Siti Azizah dalam sambutannya.

Memberikan apresiasi yang sama, I Gusti Ayu Bintang Darmawati selaku Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI juga memberikan penegasan bahwa langkah mendorong partisipasi aktif perempuan dalam perekonomian nasional akan mampu menaikkan pendapatan negara secara signifikan. Oleh karena itu, pemulihan ekonomi dari krisis yang terjadi haruslah memperhatikan pengarusutamaan gender dan pemberdayaan perempuan.

"Kami Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sangat mengapresiasi hadirnya Tjufoo berkolaborasi dengan Stellar Woman yang hari ini meluncurkan AKSI Perempuan. Kerja-kerja kolaborasi seperti inilah yang dapat mengantar langkah kaki perempuan Indonesia untuk lebih cepat meningkatkan potensinya dan mencapai ketahanan ekonomi," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Angela Tanoesoedibjo menegaskan dalam sambutannya bahwa peran perempuan sangat penting bagi perkembangan ekonomi nasional. Ia mengatakan bahwa lebih dari 64% UMKM di Indonesia dikelola oleh perempuan dengan proyeksi kontribusi senilai US$135 miliar pada tahun 2025. Namun, meskipun menyumbang jumlah yang sangat besar, para womanpreneur masih seringkali menghadapi banyak tantangan, terutama dalam akses pendanaan.

"Oleh karenanya sudah tepat sekali langkah program AKSI Perempuan pada hari ini, yang menunjukkan keberpihakan terhadap perempuan dengan peningkatan kapasitas dan kualitas. Hal ini sangatlah diperlukan, terutama dalam mempersiapkan pelaku usaha menghadapi era digitalisasi yang semakin terakselerasi oleh pademi Covid-19," ujarnya.

Menyambut dukungan yang diberikan, TJ Tham mengucapkan terimakasih atas dukungan Kementerian Koperasi dan UKM RI, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang telah hadir memberikan dukungan pasa kesuksesan program AKSI Perempuan.

Ia mengatakan bahwa inisiatif ini tentunya sejalan dengan misi mengurangi gender gap seiring partisipasi dan akses perempuan dalam bisnis dan peluang ekonomi diyakini dapat berkontribusi mendorong pertumbuhan inklusif yang berkelanjutan.

"Besar harapan kami program AKSI Perempuan ini dapat memperkuat komitmen Tjufoo untuk mendukung peran womanpreneur yang menyokong perekonomian nasional dan sekaligus tentunya melahirkan the next generation of female founders and leaders di Tanah Air," pungkas TJ.

Tag: Tjufoo, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Perempuan

Penulis: Tri Nurdianti

Editor: Rosmayanti

Foto: Tri Nurdianti