Selasa, 23 April 2024 Portal Berita Entrepreneur

Ninja Xpress Apresiasi Pelaku UKM sebagai Pahlawan Ekonomi

Foto Berita Ninja Xpress Apresiasi Pelaku UKM sebagai Pahlawan Ekonomi
WE Entrepreneur, Jakarta -

Kondisi ekonomi makro saat ini masih dibayangi banyak ketidakpastian. Meskipun saat ini Indonesia telah bertahan dalam menghadapi pandemi, namun masih banyak faktor lain yang menjadi ancaman perekonomian bangsa. Perang yang tidak berkesudahan, ancaman iklim global, serta kondisi politik dalam negeri dapat menjadi tantangan tersendiri bagi perekonomian bangsa.

Meskipun saat ini neraca perdagangan Indonesia surplus, dengan harga komoditas yang naik, serta angka inflasi yang masih rendah dibandingkan dengan negara lain, namun Indonesia bakal menghadapi kenaikan harga BBM yang mampu memicu peningkatan inflasi dan menjadikan kondisi ekonomi semakin tidak stabil.

Andi Djeowarsa, CMO Ninja Xpress, mengatakan bahwa yang bisa diharapkan dari situasi saat ini adalah masyarakat dapat bersikap lebih bijak dengan demokrasi dan tidak terpolarisasi sehingga semua kejadian makro yang ada saat ini dan yang tidak dapat dikontrol dapat menjadi suatu potensi untuk memunculkan pahlawan-pahlawan ekonomi baru. Dengan mewujudkan ini bersama, masyarakat akan mampu untuk menjadi lebih peka dan beradaptasi terhadap perubahan dan ketidakpastian.

Baca Juga: Ninja Xpress Berkontribusi Dukung UKM Merdeka

“Bersama dengan teman-teman UKM yang kita panggil shipper, terbukti memiliki daya dobrak yang kuat terhadap ketidakpastian. Mereka selalu peka, lebih lincah, dan mampu beradaptasi. Mereka-mereka akhirnya yang mampu keluar dari masa sulit. Pulihnya lebih cepat, bangkitnya lebih kuat,” tutur Andi dalam jumpa media daring bertajuk Ninja Xpress: Merayakan Kemerdekaan dengan Bertumbuh dan Bermanfaat Bagi Sesama, Senin (29/8/2022).

Andi telah mengamati bahwa di saat situasi sulit selama pandemi terjadi, banyak dari perusahaan besar dan startup yang mengambil keputusan untuk mengurangi jumlah karyawan, dari jumlah yang kecil sampai jumlah yang besar. Hal ini terjadi karena perusahaan atau startup tidak memapu bertahan di tengah gejolak dan ketidakpastian.

Namun, berbeda halnya dengan perusahaan atau startup tersebut, di tengah-tengah masyarakat muncul banyak pahlawan ekonomi, para pelaku UKM yang tidak hanya mencoba bertahan, tapi juga muncul sebagai pahlawan baru dengan memanfaatkan potensi yang ada dan membangun strategi untuk berkembang dan bersaing.

“Kekuatan baru itu membuat mereka menjadi lebih bebas dalam berbisnis, lepas dari ketergantungan terhadap pihak ketiga. Kalau dilihat, mereka tidak hanya lepas dalam berbisnis tapi juga memberikan manfaat bagi sesama. Mereka mampu meningkatkan kualitas dan taraf hidup dan bahkan membuka lapangan pekerjaan baru,” tambah Andi.

Andi mengungkapkan bahwa sebagai UKM memiliki kontribusi dan peran yang besar dalam perekonomian negara, mereka adalah punggung perekonomian terutama di masa pandemi, untuk itu mereka perlu untuk merdeka melalui upaya-upaya percepatan agar dapat mengelola bisnis dan pemasaran lebih baik sehingga dapat memberikan manfaat dengan jangkauan yang lebih besar.

Untuk itu, Andi mengungkapkan pihaknya siap mendukung berbagai upaya untuk seller dan shipper terus bertahan, berkembang, tumbuh, dan memberikan lebih banyak manfaat kepada banyak pihak melalui program-program yang diberikan oleh Ninja Xpress yang dapat diakses oleh seller dan shipper di seluruh Indonesia.

Tag: Ninja Xpress, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Penulis: Tri Nurdianti

Editor: Rosmayanti

Foto: Ninja Xpress