Sebanyak 20 UMKM akan diusung menjadi suvenir ofisial pada penyelenggaran Presidensi G20, baik pada gelaran main event maupun side event.
Langkah tersebut merupakan upaya dari Smesco Indonesia, lembaga naungan Kementerian Koperasi dan UKM, untuk mendorong keterlibatan pelaku UMKM dalam negeri pada ajang internasional.
"Ada 1.204 UMKM yang mendaftar pada Februari lalu, dikurasi menjadi 688, hingga akhirnya terpilih 20 UMKM," ujar Leonard Theosabrata, Dirut Smesco, dalam pembukaannya di kegiatan Showcase Official Merchandise G20 di Smesco Tower, Jakarta, Selasa (26/7/2022).
Baca Juga: Manfaat Dunia Digital, Peluas Pasar Produk UMKM Melalui Media Sosial
UMKM yang terpilih terdiri dari lima kategori produk, yakni fesyen dan aksesoris sebanyak delapan UKM; tas dan alat tulis sebanyak dua UKM; kosmetik, herbal, dan produk kesehatan sebanyak lima UKM; kriya sebanyak empat UKM; serta kemasan kustom sebanyak satu UKM.
Adapun tim kurasi melibatkan empat kurator yang dipilih secara independen, di antaranya Ketua PPA Solihin Sofian, Program Manager ESMOD Jakarta Patrice Desilles, Graphic Designer Uci Z Soemarmo, dan DEKRANAS Yukako Akasi.
Dalam kesempatan yang sama, Menkop UKM Teten Masduki berharap upaya ini dapat menjadi langkah yang efektif dalam mengenalkan produk UMKM dalam negeri ke mata internasional. Sebab, akan ada banyak perwakilan negara yang hadir di gelaran G20 nanti.
"Event G20 ini akan kami manfaatkan untuk promosi produk UMKM yang sudah siap masuk ke pasar global. Side event G20 sendiri ada 269, belum nanti yang main event, sehingga kalau di semua event ini official merchandise-nya produk UMKM, saya kira ini akan menjadi ajang promosi yang paling efektif," kata dia.