Akhir pekan lalu, KoinWorks mengakhiri grand launching inovasi terbaru mereka KoinWorks NEO dengan festival yang diadakan di Plaza Timur, Gelora Bung Karno. Puncak acara adalah pengumuman pemenang Kompetisi KoinWorks NEO Inspire yang membantu para pengusaha Usaha Kecil Menengah (UKM), Womenpreneur, Freelancer, Content Creator, Startup, dan Educator.
Dalam Konferensi Pers di Jakarta, Senin (27/6/2022), disebutkan bahwa kompetisi ini menunjukkan komitmen KoinWorks untuk membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan menginspirasi pengusaha untuk membangun bisnis mereka dengan bantuan layanan keuangan terintegrasi yang ditawarkan oleh KoinWorks NEO.
Chief Marketing Officer KoinWorks, Grace Hong mengatakan, Festival KoinWorks NEO Inspire adalah langkah nyata bagi KoinWorks untuk terhubung dengan basis pengguna yang terus berkembang dan membuat mereka menemukan peluang dan manfaat yang ditujukan dari inovasinya.
Baca Juga: KoinWorks Tunjuk Jajaran Manajemen Baru, Dorong Inklusi Keuangan di Indonesia
"Kompetisi ini menetapkan bagaimana UKM dapat mengembangkan bisnis mereka secara strategis, memaksimalkan potensi mereka, dan memperluas jaringan kontak mereka dengan layanan yang disediakan oleh KoinWorks NEO. Kami akan terus mengembangkan program dan inovasi untuk UKM, womenpreneurs, freelancer, content creator, startup, dan educator untuk mempersiapkan mereka berpartisipasi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia," katanya.
Kompetisi ini dihadiri dengan jumlah peserta yang terdaftar mencapai hampir 9.000 UKM dan pemilik usaha dari seluruh Indonesia. Ke-60 finalis terpilih mengikuti serangkaian kegiatan yang meliputi bootcamp serta sesi mentoring dengan para ahli, sebelum mempersiapkan dan akhirnya mempresentasikan bisnis mereka di Festival KoinWorks NEO Inspire, di mana mereka memperebutkan hadiah uang tunai hingga Rp2 miliar.
“Kemajuan UKM merupakan salah satu kunci yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia. Kompetisi dan festival KoinWorks NEO Inspire ini menjangkau berbagai pelaku UKM Tanah Air sehingga memberikan spotlight yang sepantasnya mereka dapatkan. Ide dan karya para finalis kompetisi juga sangat kreatif dan hal tersebut menjadi bukti kualitas tinggi yang dimiliki UKM di Indonesia.” ujar Leonard Theosabrata, Juri Kompetisi KoinWorks NEO Inspire dan Direktur Smesco Indonesia.
Dijelaskan, Bootcamp KoinWorks sendiri memberikan wawasan lebih lanjut tentang pengembangan bisnis bagi para peserta. Mereka diberi kesempatan untuk belajar tidak hanya dari aspek teknis menjalankan bisnis, tetapi juga mendapat nasihat berharga dari mentor yang ahli di bidangnya.
Rangkaian kegiatan menjadi master class untuk menjalankan bisnis yang sukses dan nantinya dirangkum dalam presentasi yang mana akan dievaluasi berdasarkan keunikan dan inovasi bisnis, kualifikasi dari keterampilan hingga pengetahuan industri dan pengalaman pemilik bisnis, kemampuan peserta untuk mengelola dana, dan dampak positif yang dihasilkan oleh bisnis.
“Kompetisi ini datang pada waktu yang tepat. Saat ini, saya sedang merintis sebuah startup dan siap untuk mengembangkan bisnis. Di kompetisi KoinWorks NEO Inspire ini, saya belajar bahwa yang harus kita lakukan salah satunya adalah menginvestasikan waktu kita untuk mengadopsi teknologi terbaru termasuk KoinWorks NEO dalam cara kerja kita. Saya harap cerita saya dapat menginspirasi pelaku usaha lainnya untuk mengambil langkah proaktif agar dapat mengoptimalkan bisnis mereka sekarang,” ujar Ridha Indradewa (Rewash Laundry), pemenang kompetisi KoinWorks NEO untuk kategori startup.
Dalam kesempatan yang sama Meyrick Sumantri, Co-founder dan Co-CEO dari City Vision yang merupakan partner dari KoinWorks NEO Inspire mengatakan, sangat bangga bisa turut mendukung kompetisi KoinWorks NEO Inspire.
"Hari ini kami melihat betapa kuatnya ekosistem bagi pemilik usaha kecil yang penuh semangat dan kami salut dengan Koinworks karena telah memberi mereka platform untuk maju lebih jauh. Sebagai bisnis Indonesia yang membanggakan, kami ingin membantu mendorong pertumbuhan komunitas melalui platform kami sendiri, out-of-home advertising (OOH), yang merupakan cara yang tepat untuk memasarkan produk dan menarik pelanggan potensial," tutupnya.