Sabtu, 20 April 2024 Portal Berita Entrepreneur

CEO Business Forum Dukung UMKM di Pacific Exposition 2021

Foto Berita CEO Business Forum Dukung UMKM di Pacific Exposition 2021
WE Entrepreneur, Jakarta -

Pameran virtual Pacific Exposition ke-2 tahun 2021 yang diselenggarakan oleh KBRI di Wellington berlangsung sukses dengan mencatatkan 320 peserta dari 20 negara di sekitar Pasifik.

Pada pameran yang digagas pertama kali tahun 2019 oleh Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Samoa, Tonga, dan negara-negara Pasifik, Tantowi Yahya, ini Indonesia sampai pada saat penutupan forum berhasil mencetak kontrak sebesar Rp1,48 triliun, atau meningkat 48% dibandingkan tahun 2019 lalu.

Baca Juga: Bangkitkan Semangat Pemulihan Ekonomi, Jamkrindo Beri Apresiasi Pelaku UMKM

CEO Business Forum Indonesia dan Rumah Kolaborasi Bersama di bawah pimpinan, Jahja B Soenarjo, mengatakan nilai ini tentunya diharapkan masih akan terus bertambah karena platform pameran tetap dibuka hingga satu bulan ke depan. CEO Business Forum sendiri telah mengawal 56 peserta mayoritas UMKM.

"Interaksi peserta dengan calon pembeli kian intensif serta melakukan business-matching maupun negosiasi melalui Zoom. Pengalaman mengikuti pameran virtual ini sangat bermanfaat bagi para UMKM untuk belajar naik kelas, bernegosiasi, serta melakukan cara pemasaran kekinian (digital)," katanya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (1/11/2021).

Para peserta terjaring dari 150 lebih peminat yang diseleksi untuk kemudian dibina, diberi sesi mentoring, serta kurasi melalui Zoom, evaluasi sampel, dan berlangsung sekitar tiga bulan.

Peserta UMKM yang berasal dari industri pangan, minuman, rempah, kerajinan, pariwisata ditambah peserta industri, mulai mendapat kontak dari pembeli serius dan bernegosiasi. Mulai dari rendang, bawang goreng, kerajinan, gula aren, sepeda, aki, sampai dengan perlengkapan maritiim. Bahkan paket wisata ke Labuhan Bajo dan daerah-daerah lainnya telah mendapat prospek dari negara-negara tetangga.

"Tentunya perhelatan internasional ini merupakan dari kerja keras Dubes Tantowi Yahya, beserta seluruh staf KBRI dan organizer Kiwi & Co yang luar biasa membantu para peserta secara intensif," ujar Jahja.

Baca Juga: Bangkitkan Semangat Pemulihan Ekonomi, Jamkrindo Beri Apresiasi Pelaku UMKM

"Keberhasilan ini tak lepas juga dari peran dari kementerian-kementerian yang sangat aktif mendukung, di antaranya Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Parekraf. Diharapkan Pacific Exposition ke-3 pada tahun 2023 dapat diselenggarakan di Indonesia, dengan mengambil lokasi di kawasan Timur," tambahnya lagi.

Ia juga menyampaikan, selepas acara ini Business Forum Indonesia dan Rumah Kolaborasi Bersama siap untuk mendukung program lainnya serta bersinergi dengan KBRI/Konjen/ITPC/Diasporauntuk membawa produk Indonesia mempenetrasi pasar dunia, termasuk pula mensukseskan Indonesia Spice-up The World (ISTW).

Tag: Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Penulis: Nuzulia Nur Rahma

Editor: Alfi Dinilhaq

Foto: Sufri Yuliardi