Minggu, 24 Oktober 2021 Portal Berita Entrepreneur

Achmad Zaky: Startup Itu seperti Anak, Butuh Keterikatan yang Dalam hingga Tercipta...

Foto Berita Achmad Zaky: Startup Itu seperti Anak, Butuh Keterikatan yang Dalam hingga Tercipta...
WE Entrepreneur, Jakarta -

Pendiri Bukalapak, Achmad Zaky membagikan cara mengeksekusi ide dasar pembuatan startup. Zaky menuturkan hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengukur dan kembangkan pasar. Ini karena membuat startup sangat sulit dan membutuhkan insentif finansial serta niche yang tepat.

Zaky menuturkan, jika salah satu pemuda Indonesia menciptakan startup booking lapangan baseball, maka tak akan laku. Karena itulah target membuat startup adalah mendapatkan pasar yang besar seperti Bukalapak yang pasarnya seluruh Indonesia.

Melebarkan pasar dalam startup sangat penting dan krusial. Karena, ini akan menentukan pertumbuhan startup yang panjang.

Baca Juga: Achmad Zaky: Sepuluh Tahun Lalu Saya Sama Seperti Anak Muda Kebanyakan, Naif & Tak Punya Pengalaman

"Jangan sampai nanti baru setahun market-nya sudah mentok, eh gak semangat," ujar Zaky dalam acara di kanal YouTube Kewirausahaan Sosial berjudul "Membuat Ide Startup Yang Sukses | Achmad Zaky".

Setelah itu, startup harus unik dan sulit ditiru serta harus 10 kali lipat lebih baik dari industri masa kini. Zaky menuturkan, seorang founder startup harus bisa menganggap perusahaannya sebagai 'anak' karena keterikatan yang sangat dalam.

"Ini menciptakan energi dan passion selain insentif finansial, insentif hubungan emosional juga sangat penting. Ini salah satu faktor yang menentukan keberhasilan sebuah startup," ujar Zaky.

Ide startup juga harus bisa mengikuti perkembangan teknologi saat ini, dan harus otentik asli buatan sendiri. Karena perjalanan startup akan sangat rumit, buatlah ide yang simpel dan mudah dijelaskan. Bahkan, kalau bisa, gunakan sendiri produk yang Anda buat.

"Karena itu akan menimbulkan improvement di produk-produknya," ujar Zaky.

Zaky berujar untuk mendapatkan product market fit, ketika pertama kali membuat startup pastikan targetnya dibuat spesifik sehingga membuat dampak ke salah satu sektor industri. Contohnya, jika ingin membuat dampak pada sektor pertanian, pecah kembali apa yang paling membutuhkan teknologi.

Yang terpenting adalah berani melakukan eksperimen sebagaimana Bukalapak dahulu menembak banyak kategori tetapi yang paling 'sticky' adalah kategori sepeda. Barulah setelahnya bermigrasi ke kategori lain.

Zaky menuturkan mendirikan sebuah startup tak perlu memiliki latar belakang IT. Siapapun bisa mendirikan startup asal gunakan tools yang beredar di internet, buat sesimpel mungkin dan secara perlahan membangun customer, barulah startup mulai berjalan.

Tag: Achmad Zaky, Bukalapak

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Instagram/Achmad Zaky