Rabu, 28 Juli 2021 Portal Berita Entrepreneur

Iseng Jadi Content Creator, Wanita 25 Tahun Ini Mampu Raup Rp400 Juta per Bulan!

Foto Berita Iseng Jadi Content Creator, Wanita 25 Tahun Ini Mampu Raup Rp400 Juta per Bulan!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Menjadi Content Creator adalah pekerjaan yang sebelumnya tak terpikirkan oleh Felicia Putri Tjiasaka. Namun, ia sudah lama tertarik dalam dunia investasi yakni saat ia menduduki bangku SMA tatkala sang guru memintanya untuk mengikuti olimpiade soal saham di Bursa Efek Indonesia.

Felicia Putri adalah wanita kelahiran Pontianak, Kalimantan Timur. Setelah memahami dan belajar soal saham, Felicia pun terjun ke dalam bidang tersebut hingga ia menjadi Certified Financial Planner (CFP).

Baca Juga: Gandeng Dosen Buka-Bukaan Soal Investasi, Raditya Dika Beberkan Pentingnya Dana Pensiun!

Namun, kini Felicia menjadi Content Creator. Ia menyebut dirinya sebagai Investment Story Teller. Hal ini karena dari setiap keputusan keuangan, pasti ada cerita di baliknya. Sebagai contoh ketika seseorang membutuhkan dana darurat 6x dari kebutuhan sebulan, itu karena dibutuhkan waktu paling tidak 6 bulan untuk menemukan pekerjaan baru jika di-PHK.

Selain menjadi Content Creator, Felicia juga salah satu founder dari Ternak Uang.

Sebelum memutuskan terjun sebagai Content Creator, Felicia dulunya juga kerja kantoran yakni lima tahun bekerja di pasar modal. Di tahun ketiga sampai kelima, Felicia belajar untuk meraih gelar Certified Financial Planner (CFP). Setiap pulang kerja, ia selalu belajar, sehingga ketika sudah lulus mendapatkan gelar tersebut, Felicia mengaku bosan tidak ada yang bisa dikerjakan, karena itu ia mulai membuat konten.

Awal mulanya, banyak teman yang menanyakan soal keuangan, hingga akhirnya Felicia membuat video di YouTube, dan setiap ada yang bertanya, ia pun mengarahkan untuk menonton videonya di YouTube.

Felicia memulai kontennya di YouTube pada tahun 2018, sehingga ketika sudah berkembang maju dan lebih baik, ia pun memutuskan untuk terjun sebagai full time Content Creator. Ini karena, ketika ia masih 'iseng-iseng' menjadi Content Creator, pendapatannya sudah 3x lipat dari gaji saat bekerja kantoran. Untuk diketahui, gaji Felicia saat itu adalah Rp30 jutaan di usianya yang baru menginjak 24 tahun.

Karena itulah, dengan banyak pertimbangan, akhirnya Felicia memutuskan terjun menjadi Content Creator dan meninggalkan karirnya di sekuritas.

Dalam video di YouTube Raditya Dika yang bertajuk "Perempuan Ini Dapet Rp 400 Jt/Bulan Sebagai Konten Kreator", Radit mengaku kaget ketika gaji di industri keuangan sebanyak itu. Bahkan, Felicia mengaku bahwa rata-rata gaji fresh graduate menginjak angka Rp10-12 juta. Jadi, ketika Felicia sudah 5 tahun bekerja di sekuritas dan gajinya Rp30 juta, menurutnya itu biasa saja.

Ketika Felicia memutuskan menjadi Content Creator, menurutnya itu adalah keputusan paling baik dan berani yang pernah diambil olehnya. Karena, di tempat kerjanya yang dulu, Felicia tidak memiliki mentor untuk perkembangan karirnya. Karena itu, ia ingin mencari mentor yang tepat di awal karirnya.

Dengan pendapatan sebagai Content Creator yang fantastis, Felicia mengaku setiap bulannya hanya membutuhkan pengeluaran Rp40 juta, sudah termasuk kebutuhan hidup di Jakarta dan untuk orang tua.

Saat ini, aliran pemasukan Felicia yaitu endorse, adsense, affiliate marketing atau kode referal, dan bisnisya di Ternak Uang. Jika ditotal, pendapatan Felicia mencapai Rp400 juta setiap bulannya.

Felicia mengaku bukan berasal dari keluarga berada. Ia mengungkap keluarganya sama saja seperti keluarga pada umumnya yang memiliki utang dan permasalahan lainnya. Ibunya bekerja sebagai akuntan di sebuah perusahaan, dan gaji terakhirnya tidak sampai Rp10 juta. Ayahnya memiliki bisnis, tetapi juga tidak terlalu baik.

Meski demikian, Felicia adalah anak yang aktif dalam perkuliahan, ia biasa ikut organisasi, bisnis dan perlombaan terkait ekonomi dan saham. Karena itu, saat pertama kali bekerja, ia dilirik perusahaan melalui LinkedIn-nya.

"Selama masih muda, say yes for everything," ujar Felicia.

Felicia juga mengaku bahwa sejak kecil ia terbiasa mengikuti lomba story telling, presentasi, dan lain sebagainya. Karena itu, berbicara di depan kamera, bukan hal yang menakutkan bagi Felicia.

Menurut Felicia, dibandingkan dengan ilmu yang kita sampaikan, cara menyampaikan ilmu itulah yang terpenting. Bahkan, saat endorsement datang menawarkan Felicia, ia tidak tahu bahwa ada hal semacam itu. Karena itulah, cukup membuat konten yang bagus dan menarik, nantinya juga akan ada brand yang melirik.

Felicia juga memiliki bisnis melalui Ternak Uang. Ia ingin belajar memimpin karena mimpinya suatu hari adalah ingin bekerja sebagai eksekutif di pemerintahan. Karena itu, dari belajar memimpin sekelompok kecil, Felicia ingin suatu hari bisa memimpin sekelompak orang banyak.

Felicia pun menyarankan bagi orang-orang yang merasa stuck atas karirnya, cobalah memulai dengan cara yang berbeda atau bahasa Felicia adalah menjadi berbeda dengan cara yang konsisten.

Tag: Felicia Putri Tjiasaka, Investasi

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Instagram/ Felicia Putri Tjiasaka