Minggu, 09 Mei 2021 Portal Berita Entrepreneur

Beijing Jadi Kota dengan Miliarder Terbanyak, Bos TikTok Zhang Yiming Rajanya!

Foto Berita Beijing Jadi Kota dengan Miliarder Terbanyak, Bos TikTok Zhang Yiming Rajanya!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Ibu Kota China, Beijing menjadi kota nomor satu di dunia yang mencetak miliarder dunia. Selama ini, New York di AS-lah pemenangnya, tetapi Beijing berhasil menggeser posisi New York meski hanya selisih tipis.

Menurut laporan Forbes, ada 33 miliarder baru di Beijing, sehingga saat ini ada 100 orang miliarder dengan kekayaan di atas USD1 miliar. Sementara itu, New York 'hanya' memiliki 99 miliarder.

Dilansir dari BBC International di Jakarta, Kamis (15/4/21) sebelumnya New York telah menempati posisi tersebut dalam tujuh tahun terakhir. Meski saat ini 'kalah' dari Beijing, tetapi jumlah kekayaan miliarder New York masih yang terbesar di dunia, yakni menembus USD80 miliar.

Baca Juga: Beijing Makin Sensi, Kampus Elit Milik Jack Ma Ikut Diawasi, Katanya Takut...

Sementara itu, di Beijing, pendiri TikTok, Zhang Yiming yang merupakan CEO Bytedance menjadi miliarder terkaya di kota tersebut. Zhang tercatat memiliki harta kekayaan mencapai USD35,6 miliar (Rp516 triliun). Namun, kekayaan Zhang masih kalah dengan orang terkaya di New York, Michael Bloomberg. Mantan Wali Kota ini dilaporkan Forbes memiliki kekayaan USD59 miliar dolar AS (Rp855 triliun).

China menjadi negara yang berhasil mengatasi pandemi Covid-19 dengan cepat. Berkat itulah mendorong lebih banyak perusahaan, terutama teknologi untuk bangkit dan terus berkembang semakin besar.

China pun berhasil menelurkan 210 orang kaya baru sepanjang pandemi Covid-19, angka tersebut yakni terbanyak di dunia. Sebagian besar miliarder baru di China ini memperoleh kekayaan dari sektor industri manufaktur dan teknologi.

Tag: TikTok, ByteDance, Zhang Yiming

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Time.com