Minggu, 07 Maret 2021 Portal Berita Entrepreneur

Punya Cukup Waktu, Ibu-Ibu Bisa Dongkrak Ekonomi Keluarga Lho

Foto Berita Punya Cukup Waktu, Ibu-Ibu Bisa Dongkrak Ekonomi Keluarga Lho
WE Entrepreneur, Jakarta -

Past Local President Junior Chamber International (JCI) Jawa Timur, Margaret Srijaya mengajak kepada seluruh perempuan dan ibu-ibu untuk dapat menumbuhkan semangat dan mencoba peluang untuk berwirausaha.

Sebab, potensi para ibu untuk menjadi wirausaha sangat besar. Selain waktu berada di rumah cukup panjang, dan bisa merintis usaha tanpa meninggalkan pekerjaan rumahnya. Selain membantu perekonomian keluarga, juga banyak bidang yang bisa dirintis oleh para ibu. Mulai bergerak di bidang industri kreatif hingga kuliner.

Khususnya di Surabaya, sendiri yang telah dikenal akan wisata kulinernya. Dengan kreativitas para ibu dan kemudahan berusaha di jaman ini terutama via online, dapat membantu peningkatan dan ketahanan perekonomian keluarga.

Baca Juga: Solusi Tingkatkan Regenerasi Petani, YESS Cetak Wirausaha Muda Perdesaan

"Banyak variasi usaha kuliner yang bisa laku di Surabaya. Karena Surabaya terkenal wisata kulinernya. Paling mudah dimulai dari usaha snack atau makanan khas yang mana bisa dijadikan  sebagai oleh-oleh khas Surabaya lho," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Senin (20/7/2020).

Lanjutnya, ia mengatakan aneka kegiatan kerajinan yang di imbangi dengan kemampuan branding dan marketing yang baik oleh para wanita dan ibu ibu juga dapat mendorong perekonomian masyarakat serta menjadi inspirator usaha, khususnya di Surabaya. 

Pemkot Surabaya juga telah memberikan banyak edukasi kepada para generasi muda dan ibu-ibu serta memberi banyak dukungan terhadap kemajuan UMKM dengan banyaknya terobosan dan kemudahan dalam hal proses perijinan.

"Perekonomian adalah salah satu pilar yang harus kita dukung. Melalui metode pengembangan personal, pelatihan, pengembangan komunitas, networking dan bisnis niscaya dapat membantu teman-teman dalam berusaha. Karena saat ini, wirausaha bisa dilakukan di rumah dengan tidak harus meninggalkan kewajiban mereka dalam mengurus rumah tangga, Jadi masih tetap bisa mengawasi anak dan mengurus keluarga," ujar Ketua Komite Tetap Pemberdayaan Wanita Kadin Surabaya (2019-2024).

Margaret adalah seseorang yang mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap kemajuan wanita serta anak berkebutuhan khusus di Indonesia, ada banyak program motivasi dan edukasi online, juga beberapa kali mengadakan kegiatan kewirausahaan untuk Ibu-ibu termasuk memberikan bantuan gerobak dan award kepada bunda pegiat ekonomi di Kota Surabaya.

Margaret juga mendirikan komunitas wanita mandiri Indonesia via platform online di instagram yaitu @womenpreneur.id yang hari ini memiliki 259.000 follower.

"95% anggotanya adalah wanita dan kaum ibu, dimana melalui platform tersebut banyak membahas tentang cara dan edukasi bagi para wanita untuk dapat menjadi pribadi yang bisa berwawasan dan mempunyai daya juang untuk meraih mimpi mereka untuk dapat mandiri secara finansial," pungkasnya

Tag: Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Wirausaha, Entrepreneur

Penulis: ***

Editor: Vicky Fadil

Foto: Past Local President Junior Chamber International (JCI)