Selasa, 30 April 2024 Portal Berita Entrepreneur

Menparekraf Bidik 6 Juta Kunjungan Wisatawan Mancanegara di 2023

Foto Berita Menparekraf Bidik 6 Juta Kunjungan Wisatawan Mancanegara di 2023
WE Entrepreneur, Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membidik jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada 2023 akan menyentuh angka 6 juta.

Dia yakin kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia di tahun depan akan mengalami peningkatan tajam. Optimismenya berangkat dari temuan dia saat kunjungan ke World Travel Market London beberapa hari lalu.

"Ternyata ada pergeseran dari pariwisata berbasis kuantitas ke pariwisata berbasis kualitas. Dan dari Travel World Market kemarin, jumlah booking mencapai hampir lebih dari 2,5 kali lipat dari jumlah booking yang kami rencanakan sebelum berangkat ke London," ujar Sandiaga Uno kepada wartawan di Sarinah, Jakarta, Kamis (10/11/2022).

Baca Juga: Dongkrak UMKM, Shipper akan Gelar Legendary Brand Festival 2023

Hal tersebut, menurut dia, mengindikasikan adanya harapan bagi sektor pariwisata Indonesia di tahun depan. Namun, hal ini juga perlu ditopang oleh berbagai inisiatif yang dapat mempertahankan daya tarik pariwisata dalam negeri.

"Target tahun depan bisa kita jaga tetap di zona aman jika kita terus bisa memastikan event berkualitas, destinasi-destinasi yang bisa terus menawarkan keunggulan, baik dari segi eco tourism dan sport tourism, serta MICE," paparnya.

Meski ada ancaman resesi, Menparekraf mengaku tetap optimistis dengan kinerja pariwisata Tanah Air pada 2023.

"Harapan kami, sektor parekraf ini akan menjadi penyumbang mendekati angka 12,5% sampai 13% dari ekonomi nasional di tahun depan," kata dia.

Tag: Wisatawan Mancanegara (Wisman), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno

Penulis: Imamatul Silfia

Editor: Rosmayanti

Foto: Antara/Ahmad Subaidi