Minggu, 21 Juli 2024 Portal Berita Entrepreneur

Rishi Sunak, Perdana Menteri Inggris yang Dinilai Terlalu Kaya: Istri Pengusaha dan Mertua Miliarder

Foto Berita Rishi Sunak, Perdana Menteri Inggris yang Dinilai Terlalu Kaya: Istri Pengusaha dan Mertua Miliarder
WE Entrepreneur, Jakarta -

Perdana Menteri Inggris yang baru, Rishi Sunak disebut-sebut terlalu kaya untuk menjadi perdana menteri. Ini bahkan pertama kalinya dalam sejarah bahwa penduduk Downing Street lebih kaya daripada penduduk Istana Buckingham. Sunak tidak hanya kaya, dia sangat kaya.

Melansir The Washington Post di Jakarta, Selasa (25/10/22) pendukungnya mengatakan justru karena latar belakangnya sebagai kanselir dan tahun-tahun yang dihabiskan untuk menghasilkan uang membuatnya memenuhi syarat untuk memimpin negara yang sangat rusak selama masa-masa yang penuh gejolak ekonomi ini.

Sunak merupakan mantan bankir yang menikahi putri miliarder teknologi India, Akshata Murty. Istrinya juga seorang pengusaha. Sunak diprediksi memiliki kekayaan mencapai USD830 juta (Rp12,9 triliun). Sementara sebagai perbandingan, pada daftar tahun ini, yang diterbitkan sebelum kematian Ratu Elizabeth II, diperkirakan kekayaan ratu kerajaan itu sekitar USD420 juta (Rp6,5 triliun).

Baca Juga: Dijuluki Sultan, Rishi Sunak Jadi PM Inggris Terkaya dalam Sejarah, Berapa Hartanya?

Uang pasangan itu terutama berasal dari saham Murty di perusahaan ayahnya, Infosys. Dia juga memiliki inkubator start-up Catamaran Ventures UK dan memiliki saham di sekitar setengah lusin perusahaan lain. Pasangan itu memiliki setidaknya tiga rumah di Inggris, serta properti Santa Monica, California senilai sekitar USD6 juta (Rp93 miliar).

Menurut Guardian, keluarga Sunak yang memiliki dua putri, Krishna dan Anoushka menghabiskan minggu-minggu mereka di rumah lima kamar tidur di London barat dan menghabiskan akhir pekan di Yorkshire Utara di rumah bangsawan Georgia. Surat kabar itu mengatakan rumah bangsawan tersebut telah diubah menjadi semacam retret kesehatan dengan kolam renang dalam ruangan, gym, studio yoga, bak mandi air panas, dan lapangan tenis.

Sebuah survei yang diterbitkan Senin meminta orang untuk menggambarkan Sunak dalam satu kata, yaitu kaya.

Ayah mertuanya, Naraya Murthy merupakan miliarder teknologi dari Inida yang merupakan pendiri raksasa perangkat lunak Infosys.

“Selamat kepada Rishi. Kami yakin dia akan melakukan yang terbaik untuk rakyat Inggris,” ujar Murthy yang dinilai oleh Forbes memiliki kekayaan sebesar USD4,5 miliar (Rp70 triliun).

Tag: Rishi Sunak, Inggris

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Reuters/John Sibley