Senin, 25 November 2024 Portal Berita Entrepreneur

MenkopUKM Optimis Belanja Produk Lokal Pemerintah Capai Rp500 Triliun

Foto Berita MenkopUKM Optimis Belanja Produk Lokal Pemerintah Capai Rp500 Triliun
WE Entrepreneur, Jakarta -

Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki mengatakan, dari data LKPP sampai dengan 26 April 2022 belanja produk lokal yang dihasilkan para pelaku UMKM dan koperasi baru mencapai Rp96,2 triliun. Dari rencana Umum Pengadaan Tagging Produk Dalam Negeri sebesar Rp493,3 triliun.

Untuk itu, dalam rangka mendorong Aksi Afirmasi Peningkatan Pembelian dan Pemanfaatan Produk Dalam Negeri (PDN), maka dilaksanakan Pameran dan Temu Bisnis Tahap II dari tanggal 11-26 April 2022 di Jakarta.

"Alhamdulillah acara puncak pameran dan temu bisnis telah selesai dilaksanakan, banyak potensi, komitmen, dan transaksi yang dihasilkan. Seluruh K/L, Pemda, BUMN, dan penyedia (UMKM dan Koperasi) berperan aktif dalam kegiatan ini, kurang lebih 1.600 partisipan yang hadir dalam acara ini," kata Teten dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (27/4/2022).

Baca Juga: Menparekraf Dorong UMKM Ekraf Masuk E-Katalog LKPP Tingkatkan Peluang Usaha

Menurutnya, pameran itu menampilkan lebih dari 400 UKM teknologi tinggi antara lain AVS Simulator tank, mobil dan las simulator, femicam-detektor kanker rahim, robotik tele, presents telediagnosa dokter, serta ARTS artificial inteligent robotic trainer set. Ada pula oksigen generator, pengukur kualitas air digital, MPoin-thorn water tank, dan dehidrator, pengering sayur-sayuran.

"Temu Bisnis dilaksanakan antara penyedia dan 10 K/L dan 10 Pemda dengan Rencana Umum Pengadaan Produk Dalam Negeri terbesar menghasilkan potensi pengadaan sebesar Rp1,55 triliun," ujarnya.

Selain itu, lanjut Teten, telah dilaksanakan pula fasilitasi oleh Kementerian PUPR berupa penandatangan 10 komitmen antara pemenang tender dan penyedia bahan baku lokal senilai Rp1,95 triliun. Ada pula penandatanganan 92 kontrak di 10 K/L dan 10 Pemda dengan RUP PDN terbesar, nilai Rp1,79 triliun selama April 2022. Tentunya, kegiatan temu bisnis biasanya menghubungkan antara Business To Business (pelaku usaha dan pelaku usaha).

"Maka melalui kegiatan ini kami mencoba menjembatani pemerintah dan pelaku usaha, yang tentunya terdapat langkah pengadaan yang berbeda, namun terus diupayakan penyederhanaan dan penerapan good governance," Ucap teten.

Baca Juga: Sandiaga Targetkan 30 Juta UMKM Masuk e-Katalog LKPP

Selanjutnya target 1 juta produk masuk dalam e-katalog, ia mengajak peran aktif seluruh K/L, Pemerintah Daerah, asosiasi UMKM, marketplace untuk melakukan pendampingan kepada para UMKM.

Teten menegaskan, dengan meningkatkan konsumsi pemerintah dan BUMN terhadap produk dalam negeri nantinya mendorong kepercayaan dunia usaha (swasta) pada produk dalam negeri, yang potensi permintaannya sangat besar.

"Saya optimistis realisasi pengadaan pemerintah bagi Produk Dalam Negeri, UMKM, dan Koperasi dapat mencapai lebih dari Rp500 triliun tahun ini. Kita tingkatkan konsumsi produk dalam negeri untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," tegasnya.

Tag: Teten Masduki, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop-UKM), Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto

Editor: Ayu Almas

Foto: Djati Waluyo